Pekanbaru, BeritaOne.id - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Riau dan Kepulauan Riau memastikan kesiapan pasokan listrik menyambut bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 1446 H di seluruh wilayah Provinsi Riau dan Kepulauan Riau (Kepri). Untuk memastikan kelancaran pasokan listrik, PLN menggelar Apel pada Kamis (27/2) di halaman kantor PLN UID Riau dan Kepulauan Riau. Sebagai bagian dari persiapan, PLN telah memastikan kesiapan dari sisi pembangkit, transmisi, distribusi, dan menyiagakan 34 posko kelistrikan serta 1.518 personel dengan peralatan lengkap.
General Manager PLN Unit Induk Distribusi Riau & Kepulauan Riau, Tonny Bellamy, menjelaskan bahwa saat ini beban puncak di Provinsi Riau mencapai 1.288 Mega Watt (MW) dengan daya mampu sebesar 1.524 MW, sehingga terdapat cadangan daya sebesar 236 MW. Di Provinsi Kepulauan Riau, dengan dukungan sistem kelistrikan Batam-Bintan, beban puncak mencapai 162 MW dengan daya mampu sebesar 211 MW, menghasilkan surplus daya sebesar 49 MW. Ini menunjukkan bahwa PLN siap menyambut bulan suci Ramadan dengan pasokan listrik yang andal.
“PLN telah mempersiapkan Posko Siaga Kelistrikan yang akan memantau pasokan listrik setiap hari. Kami juga berkomitmen untuk memastikan seluruh petugas PLN fokus mengamankan kelistrikan menjelang Ramadan dan Idul Fitri 1446 H,” ujar Tonny.
Tonny juga mengingatkan seluruh petugas untuk senantiasa mengutamakan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) agar dapat memberikan pelayanan terbaik selama Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.
“Untuk menjaga kontinuitas pasokan energi listrik, kami telah menyiagakan 1.518 personel, 34 posko siaga, 54 unit stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU), 129 unit mobil, 118 unit sepeda motor, 9 crane, 12 unit Uninterruptible Power Supply (UPS), 47 genset mobile, dan 26 unit gardu bergerak (UGB) di seluruh daerah layanan PLN, terutama di 84 lokasi prioritas di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau,” jelas Tonny.
Di akhir penjelasannya, Tonny menambahkan bahwa jika terjadi gangguan listrik selama Ramadan, pelanggan dapat melapor langsung kepada PLN melalui Aplikasi PLN Mobile.
“PLN telah mengintegrasikan Aplikasi PLN Mobile dengan Virtual Command Center (VCC), yang dapat merespons keluhan pelanggan secara cepat dan transparan,” tutup Tonny.
Melalui Aplikasi PLN Mobile, pelanggan dapat mengakses berbagai layanan kelistrikan mulai dari pembelian token, pembayaran rekening listrik, pasang baru, tambah daya, pemasangan sementara, dan layanan kelistrikan lainnya yang dapat diunduh melalui Play Store dan App Store.
Narahubung: Tajuddin Nur – Manager Komunikasi & TJSL PLN UID Riau dan Kepulauan Riau
Tlp. 0761 855840 | Fax. 0761 855310
Sekilas Tentang PLN UID Riau dan Kepulauan Riau:
PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Riau dan Kepulauan Riau adalah salah satu unit PLN yang berkomitmen untuk menyediakan pasokan listrik yang andal dan berkualitas bagi pelanggan di Riau dan Kepulauan Riau. Melalui inovasi dan transformasi, PLN UID Riau dan Kepulauan Riau terus meningkatkan pelayanan dengan fokus pada pengalaman pelanggan dan mendukung transisi energi. Untuk kemudahan layanan, pelanggan dapat mengakses layanan kelistrikan PLN melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di Play Store dan App Store.