Pekanbaru, BeritaOne.id – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Riau dan Kepulauan Riau (UIDRKR) bergerak cepat dalam memulihkan pasokan listrik di wilayah terdampak banjir akibat cuaca ekstrem yang melanda Riau. Curah hujan tinggi pada minggu ini mengakibatkan 416 pelanggan di Desa Babussalam, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, tergenang banjir pada Minggu (29/12).
Menanggapi situasi ini, PLN segera menyiagakan petugas yang dilengkapi peralatan lengkap untuk memastikan pasokan listrik tetap aman di lokasi banjir dan mencegah potensi bahaya sengatan listrik. Hingga Minggu (29/12) pukul 13.15 WIB, pasokan listrik di daerah tersebut telah kembali normal dengan tingkat pemulihan mencapai 100%.
General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Riau dan Kepulauan Riau, Tonny Bellamy, menjelaskan bahwa PLN terus siaga dan siap mengambil langkah cepat untuk memastikan keselamatan masyarakat, kelancaran pasokan listrik, serta perlindungan aset selama terjadi bencana banjir.
“Saat bencana banjir terjadi, fokus kami adalah mengamankan jaringan kelistrikan untuk menjaga keselamatan masyarakat. PLN akan segera memulihkan aliran listrik setelah memastikan semua jaringan distribusi aman untuk beroperasi kembali. Kami juga mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati dan mematuhi panduan keselamatan selama proses pemulihan,” ujar Tonny.
Tonny juga mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi bahaya listrik saat musim hujan dan cuaca ekstrem. Terutama saat banjir melanda, masyarakat diimbau untuk memutuskan aliran listrik di rumah dengan cara mematikan MCB pada kWh meter, mencabut peralatan listrik dari stop kontak, dan menaikkan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi.
“Jika aliran listrik tidak padam saat banjir, masyarakat dapat segera menghubungi PLN. Setelah banjir surut, pastikan alat elektronik benar-benar kering sebelum digunakan kembali. Petugas PLN juga akan terus berpatroli di wilayah yang terdampak banjir untuk mengamankan suplai listrik,” tambah Tonny.
PLN berkomitmen untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi cuaca ekstrem guna memberikan pelayanan yang aman dan andal. Masyarakat dapat melaporkan gangguan kelistrikan atau potensi gangguan akibat cuaca buruk melalui berbagai kanal yang telah disediakan, seperti aplikasi PLN Mobile, Contact Center PLN 123, atau menghubungi kantor PLN terdekat.**BrOne-05