Kanal

Walau Usianya 90 Tahun dan Sebatang Kara, Mbah Semi Tak Dapat Bansos

Magetan, BeritaOne.id - Bahwa bantuan sosial (bansos) yang dibagikan pemerintah banyak yang salah sasaran, ternyata bukanlah sekedar tuduhan. Salah satu buktinya, Mbah Semi, wanita renta yang berusia 90 tahun dan hidup sebatang kara, tidak termasuk dalam daftar penerima bansos.

Mbah Semi merupakan warga Desa Gebyog, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Kepala Desa Gebyog Suyanto, membenarkan bahwa Mbah Semi tidak termasuk dalam daftar penerima bansos, termasuk bantuan beras miskin (raskin).

Suyanto menambahkan, selain Mbah Semi, ada 73 warganya yang miskin tetapi tidak menerima bantuan beras miskin yang disalurkan pemerintah.

Dia mengaku saat ini Pemerintah Desa Gebyog tengah mengusulkan 73 warga tersebut untuk bisa menerima beras miskin dari pemerintah pusat.

“Yang 73 lebih miskin dari 134 yang menerima bantuan raskin saat ini. Terserah nanti yang telah menerima tetap menerima atau mau digantikan oleh warga yang lebih miskin tersebut, kami sudah usulkan,” ujarnya, di ruang kerjanya, Selasa (6/2/2024).

Sebelumnya, Mbah Semi mengaku tak terdaftar sebagai penerima beras miskin (raskin) yang disalurkan badan pangan nasional mulai Januari 2024. Fakta ini sangat miris dan memprihatinkan karena sejumlah warga Desa Gebyog yang memiliki mobil malah terdaftar sebagai penerima raskin.

Seharusnya, Mbah Semi yang hidup sebatang kara di rumah bantuan RLTH tahun 2018 berhak menerima bantuan tersebut.

Kepala Desa Gebyog Suyanto mengaku heran karena sejak menjabat tahun 2019, masyarakat terdata miskin justru bertambah dari 80 keluarga menjadi 200 keluarga. Dia memastikan bahwa ada kesalahan input data terkait warga terdata miskin di desanya.

Mbah Semi yang sempat menjadi perbincangan setelah diberitakan media, kini mulai mendapatkan bantuan dari sejumlah organisasi masyarakat. Bahkan, anggota DPR RI ikut menyambangi rumah Mbah Semi.

Kepala Desa Gebyog Suyanto membenarkan, sejak Mbah Semi diberitakan media tak dapat bantuan beras miskin, sejumlah relawan dan anggota DPR RI berkunjung ke rumah Mbah Semi.

"Sudah beberapa hari ini ada dari organisasi bahkan anggota DPR RI dari Golkar, saya lupa namanya, berkunjung ke rumah Mbah Semi. Ada yang bawa sembako ada juga yang mau merehab dapur Mbah Semi,” ujarnya. **B-One03

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER