Kanal

Lagi Viral Mekkah Menghijau, Netizen Singgung Kiamat

Jakarta - Jagat maya diramaikan oleh penampakan daratan Mekkah, Arab Saudi, yang menjadi hijau setelah diguyur hujan beberapa waktu lalu. Apa kata ahli soal fenomena ini?
Sejumlah foto dan video beredar di Twitter dengan menampilkan sejumlah lanskap wilayah Makkah yang hijau, tak seperti wilayah gurun pasir.

"Pegunungan berubah menjadi hijau setelah hujan baru-baru ini di Makkah-Jeddah," kicau akun @theholymosques sambil melampirkan 4 foto lanskap hijau wilayah Mekkah, Sabtu (7/1).

Cuitan yang sudah dilihat oleh 7 juta orang tersebut mendapat banyak komentar. Salah satunya adalah @orevasamib yang mengunggah meme Homer Simpson dari serial televisi The Simpsons yang sedang membawa papan bertuliskan "The end is near (akhir sudah dekat)."

Senada, akun @fiqah_yasin menyebut fenomena ini sebagai pertanda baik untuk alam, tetapi pertanda buruk untuk umat muslim.

"Mekkah menjadi hijau indahnya MasyaAllah saya tidak bohong, tapi juga bukan pertanda baik. Bagus untuk alam, tidak begitu bagus untuk Muslim yang beriman. Lakukanlah ibadah yang terbaik. Semoga Allah melindungi kita," ujarnya.

Akun @jonedion56 bahkan menyinggung soal kiamat.

"Lembah pegunungan sekitar Mekkah tampak subur dan menghijau. "Tidak akan tiba hari Kiamat hingga tanah Arab kembali hijau penuh dengan tumbuhan dan sungai-sungai." (HR Muslim)," kata @jonedion56.

Menurut Arabia Weather, Minggu (7/1), citra satelit Terra yang dikeluarkan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menangkap pemandangan hijau di beberapa wilayah di Arab Saudi. Vegetasi hijau tersebut muncul di daerah kering yang didominasi gurun, seperti kota Makkah, Jeddah, dan Madinah.

Dikutip dari The Islamic Information, selama beberapa hari terakhir tercatat aktivitas curah hujan tinggi di Arab Saudi sejak Desember 2022. Curah hujan ini terjadi dengan kecepatan yang sama dan hampir terus menerus dalam jangka waktu yang sangat lama dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Akibatnya, beberapa daerah, terutama di wilayah barat Arab Saudi, tertutup tanaman hijau.

Menurut situs Earth Observatory Lembaga Penerbangan dan Antariksa AS (NASA), bioma (ekosistem luas) gurun adalah yang paling kering dari semua bioma. Sebagian besar gurun menerima kurang dari 300 mm setahun dibandingkan dengan ekosistem hutan hujan yang menerima lebih dari 2.000 mm.*

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER