Kanal

Pemakaman Presiden Iran Raisi Dihadiri Pemimpin dan Pejabat Negara Arab

Iran, BeritaOne.id - Pemimpin dan pejabat negara Arab akan menghadiri pemakaman Presiden Iran Ebrahim Raisi yang digelar Kamis (23/5/2024). Emir Qatar Syekh Tamim bin Hamad Al Thani termasuk pemimpin Arab yang bakal hadir.

Syekh Tamim tak sendiri, dia ditemani Perdana Menteri merangkap Menteri Luar Negeri (Menlu) Qatar Syekh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani. Kedua pejabat tersebut sudah berangkat ke Iran pada Rabu (22/5/2024).

Selain itu, Kuwait juga mengirim pejabatnya, diwakili Menlu Abdullah Ali Al Yahya. Abdullah Ali mewakili Emir Kuwait.

Mesir juga mengutus Menlu Sameh Shoukry untuk menghadiri pemakaman Raisi. Dia sudah berangkat ke Teheran hari ini.

“Kunjungan Shoukry adalah kunjungan pertama menteri luar negeri Mesir ke Iran,” demikian laporan kantor berita Iran, Tasnim.

Hubungan Iran dan negara-negara Arab diwarnai ketegangan, termasuk dengan Mesir. Meski demikian kedua negara tetap mempertahankan kontak diplomatik.

Menlu kedua negara pada September 2023 bertemu di sela Sidang Majelis Umum PBB di New York, Amerika Serikat. Raisi yang juga hadir saat itu mengatakan, pertemuan tersebut bisa membuka jalan bagi pemulihan hubungan kedua negara.

Raisi dan Menlu Hossein Amirabdollahian tewas setelah helikopter yang mereka naiki jatuh pada Minggu (19/5/2024). Keduanya dalam perjalanan ke Tabriz usai menghadiri peresmian bendungan di perbatasan dengan Azerbaijan.

Beberapa negara Arab seperti Arab Saudi dan Uni Emirat Arab juga menawarkan bantuan untuk pencarian lokasi jatuhnya heli yang membawa Raisi. Puing-puing helikopter Bell 212 itu ditemukan pada Senin pagi, bersamaan dengan jenazah Raisi, Abdollahian, serta dua pejabat Iran lainnya.**BrOne-05

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER