Kanal

Beberapa Daerah Hapus Pajak Progresif dan Bea Balik Nama, Ini Daftarnya

Jakarta, BeritaOne.id – Dalam upaya meningkatkan daya beli masyarakat, mendorong industri otomotif, dan menurunkan harga kendaraan bekas, pemerintah berencana menghapus Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) progresif dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) II di seluruh Indonesia.

Kebijakan ini akan mulai berlaku pada 1 Januari 2025, dan sejalan dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah. Meskipun menghapus dua sumber penerimaan pajak daerah, pemerintah optimistis bahwa penerimaan PKB secara keseluruhan akan meningkat. Hal ini didasari oleh beberapa alasan:

Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak Dihapusnya pajak progresif dan BBNKB II diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam membayar PKB. Hal ini karena sistem perpajakan menjadi lebih sederhana dan adil. Peningkatan Penjualan Kendaraan Meningkatnya daya beli masyarakat dan pertumbuhan industri otomotif diprediksi akan mendorong peningkatan penjualan kendaraan. Hal ini tentunya akan meningkatkan penerimaan PKB.

Penghapusan pajak progresif dan BBNKB II juga diharapkan dapat meningkatkan akurasi data kendaraan bermotor. Hal ini karena pemilik kendaraan tidak lagi memiliki alasan untuk mendaftarkan kendaraannya atas nama orang lain atau perusahaan untuk menghindari pajak progresif.

Saat ini, beberapa daerah di Indonesia telah menerapkan kebijakan penghapusan pajak progresif dan BBNKB II. Berikut daftarnya, dikutip dari laman VIVA Otomotif:

Pajak Progresif 

Aceh 

Sumatera Barat 

Riau 

Kepulauan Riau 

Kalimantan Tengah 

Kalimantan Timur 

Gorontalo 

Sulawesi Selatan 

Maluku 

Papua Barat

BBNKB II 

Aceh 

Sumatera Utara 

Sumatera Barat 

Kepulauan Riau 

Jambi 

Bengkulu 

Sumatera Selatan 

Jawa Barat 

Banten 

Jawa Tengah 

Jawa Timur 

Kalimantan Tengah 

Kalimantan Timur

Sulawesi Barat 

Sulawesi Utara 

Gorontalo

Sulawesi Selatan 

Sulawesi Tenggara 

Bali 

Nusa Tenggara Timur 

Maluku Utara 

Papua 

Papua Barat. **BrOne-07 

 

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER