Kanal

THR Anak, Bolehkah Orang Tua Menggunakannya ?

Jakarta, BeritaOne.id - Momen Lebaran yang paling dinanti adalah bagi-bagi THR dari keluarga dan kerabat. Hal ini menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak.
Anak-anak yang mendapat salam tempel atau THR diistilahkan dengan investasi. Hal ini ramai diperbincangkan di sosial media, orang tua akan memanfaatkan pendapatan anak-anaknya di Hari Raya Idul Fitri.

Tak jarang pula anak-anak tidak terlalu peduli dengan uang THR yang mereka dapatkan. Sehingga orang tua akan menyimpannya.

Hukum Mengambil Uang THR Anak
Dilansir dalam HaiBunda, Ustazah Lailatis Syarifah, Lc., Ma menjelaskan dalam al-Mu'jam al-Kabir li ath-Thabrani hadits dari Samurah yang menyatakan bahwa ada seorang laki-laki yang datang kepada Rasulullah SAW.

Ia pun berkata: "Ya Rasulullah, sesungguhnya Ayahku membutuhkan hartaku," lalu Rasulullah menjawab "?????? ????????? ????????" yang artinya "Kamu dan hartamu adalah milik Ayahmu".

Dari hadits tersebut dapat disimpulkan bahwa ayah memiliki hak atas harta yang dimiliki oleh anaknya. Hal ini dapat dikatakan wajar karena pengorbanan orang tua tidak sebanding dan bahkan tak bisa dihitung jumlahnya.

Apalagi anak-anak yang usianya belum baligh tentunya belum memiliki akal pikiran yang matang. Tentunya dalam penggunaan uang THR perlu pendampingan orang tua atau walinya.

Senada dengan hal itu, Ustaz Nur Maulana dalam Islam Itu Indah Trans TV juga mengatakan bahwa orang tua perlu menjaga amanah.

"Kepada orang tua, jadikanlah ini sebagai amanah dan tanggung jawab dari orang tua ke anak. Kalau ditanya, itu (uang) milik siapa? Tetap miliknya anak. Tapi, kalau bicara titip ke orang tua dengan tujuan apa, kadang kala anak itu berkata, 'Buat Mama saja deh,' berarti aman. Kalau orang tua mau ambil sebenarnya boleh-boleh saja. 'Dirimu dan hartamu milik orang tuamu'," ujar Ustaz Maulana.

Tapi dalam hal ini, kalau kata anak ini titip, berarti jadi amanah. Sekali lagi orang tua yang dititipi oleh anaknya, jadikanlah itu amanah.

"Dan, kalau bisa karena anak itu belum mengerti masalah keuangan. Maka uang itu diarahkan ke tempat dan sarana yang bermanfaat. Contoh, ini buat beli sepatu baru, buat beli tas baru, ini buat sekolahmu, ini buat beli Hp. Padahal ujung-ujungnya nanti orang tua yang belikan," jelasnya.

Namun, sebagai orang tua kita juga perlu menanamkan kejujuran terhadap si kecil. Akan lebih baik caranya jika ingin memanfaatkan uang THR anak dilakukan dengan izin dan cara yang baik. Tidak diam-diam. **BrOne-08

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER