Kanal

Jelang Ramadhan, Begini Nasib Harga CPO Hasil Tender PT KPBN Periode 8 Maret 2024

Jakarta, BeritaOne.id - Menjelang memasuki bulan suci Ramadhan yang akan dalam beberapa hari ke depan, harga transaksi minyak sawit mentah (CPO) memberikan gairah baru kembali.

Hal tersebut bisa diketahui berdasarkan informasi yang dilansir awak media yang menyebutkan bahwa harga CPO rebound setelah sehari sebelumnya sempat turun.

Grafik naik turun harga CPO itu merupakan hasil tender yang diselenggarakan oleh PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN) pada periode akhir pekan ini, Jumat (8/3/2024).

Kali ini rebound-nya harga CPO di tender tersebut mencapai Rp 65 per kilogram. Sementara itu sehari sebelumnya tender di KPBN justru menghasilkan penurunan harga sebanyak Rp 36 per Kg.

Meski harga CPO naik, namun tender ini sendiri seperti memberikan sinyal merah untuk tender beberapa ke depan.

Pasalnya tender kali ini tinggal mengandalkan Pelabuhan Belawan di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Pelabuhan Dumai dan stok milik PT SAN Unit Dumai di Provinso Riau.

Pelabuhan lainnya seperti terus berganti, kemarin muncul sekarang tidak. Contohnya adalah Pelabuhan Telik Bayur di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Beberapa daerah di Pulau Kalimantan pun kompak berbayang atau menghilang pada tender kali ini, namun muncul Pelabuhan Boom Baru di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Semoga hasil tender kali ini tetap mampu mendongkrak harga pembelian tandan buah segar (TBS) produksi para petani sawit di berbagai daerah di Indonesia.

Berikut ini hasil tender harga CPO per Kg di luar atau tidak termasuk PPN di PT KPBN periode Jumat (8/3/2024):

Belawan : Rp 12.660 - PHPO (sebelumnya Rp 12.595 - PHPO, naik Rp 65)

Dumai : Rp 12.660 - PAA, WNI (sebelumnya Rp 12.595 - SJIO, naik Rp 65)

SAN Dumai : Rp 12.660 - PAA (sebelumnya Rp 12.595 - PAA, naik Rp 65)

Teluk Bayur : Tak ada kabar (sebelumnya Rp 12.465 - WNI)

Palembang : Rp 12.300 - MM

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER