Gurihnya Bisnis Jual Beli TBS, di Desa ini Ada 40 Toke Sawit

Kamis, 08 Februari 2024

Peron sawit yang dijalankan salah seorang toke di Rohul.

Rohul, BeritaOne.id - Usaha penampungan atau peron sawit jadi bisnis yang cukup menggiurkan saat ini. Ini terbukti dengan makin menjamurnya toke-toke sawit di sejumlah daerah.

Salah satunya di Desa Pasir Utama, Kecamatan Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau. Di desa ini saja sekarang ada 40 toke sawit.

"Itu sudah termasuk toke-toke kecil," kata salah seorang toke sawit senior di desa tersebut, Tarno, saat berbincang dengan elaeis.co di Pekanbaru, Kamis (8/2).

Walau jumlahnya banyak, tapi hubungan antara sesama toke di desa itu tetap berjalan baik. Apalagi hampir seluruhnya berlatar belakang petani sawit.

Tarno mengaku bahwa sejumlah mantan pekerjanya bahkan saat ini sudah memiliki usaha penampungan sawit sendiri.

"Anggotaku ya rata-rata sudah jadi toke juga. Tapi aku senang. Artinya, ada untungnya waktu kerja denganku dulu, bisa belajar," ujarnya.

Tarno mengaku tidak menganggap mereka sebagai saingan. Justru dengan banyaknya toke, menurutnya, banyak yang bisa membantu para petani di desa itu.

Dia mengaku sudah punya langganan tersendiri sehingga tidak berebut dengan toke lain. "Masih banyak petani yang menjual TBS-nya ke saya. Sekarang masih ada sekitar 100 petani yang setor TBS. Alhamdulillah," ucapnya. **B-One03