150 Peserta Ikuti SLCN di Dumai, Effendi Sianipar : Bisa Meningkatkan Pemahaman Cuaca Maritim dan Iklim Bagi Nelayan

Senin, 27 November 2023

DUMAI,BeritaOne.id-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menggelar Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) untuk komunitas nelayan di Kota Dumai, Provinsi Riau, Senin (27/11/2023). 

Kegiatan yang diikuti 150 peserta ini dihadiri Anggota  DPR RI dari Komisi V, Ir Effendi Sianipar MM MSi. Hadir juga saat itu dari BMKG Riau, Aramlan MT. 

Anggota DPR RI dari Komisi V, Ir Effendi Sianipar mengatakan, kegiatan SLCN bisa menjadikan nelayan tangkap dan budidaya, untuk meningkatkan hasil poduksi ikan di Kota Dumai. 

Effendi Sianipar juga berharap nelayan dapat mengakses informasi dari BMKG sebelum turun menangkap ikan. Agar keselamatan nelayan bisa terjamin saat melakukan aktivitasnya. 

"SLCN ini sebagai pencerahan bagi nelayan, supaya dapat memahami informasi BMKG," ujar Anggota DPR RI dari dapil Kota Dumai, Pekanbaru, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Siak, Kabupaten Rohul, Kabupaten Rohil, dan Kabupaten Kepulauan Meranti ini kepada wartawan, disela kegiatan. 

Menurut Effendi Sianipar, kegiatan ini bertujuan memberikan motivasi kepada para nelayan untuk meningkatkan keselamatan kerja dengan memanfaatkan teknologi dan informasi dari BMKG terkait cuaca maritim dan juga iklim. 

Anggota DPR RI yang bakal maju kembali sebagai Caleg DPR RI Nomor urut 2 dari PDI Perjuangan ini juga menyampaikan, dirinya sangat mendukung kegiatan pemerintah dalam hal ketahanan pangan serta program Nawacita, khususnya kegiatan para nelayan di Riau ini. 

Sementara itu Kepala BMKG Riau Aramlan MT menambahkan, kegiatan SLCN ini menggunakan pembelajaran interaktif, yaitu metode belajar dan praktik. 

Kemudian, ungkapnya, materi pokok yang akan diberikan berupa pengenalan produk nagi nelayan. Sehingga bisa memahami informasi cuaca dan iklim, cara membaca informasi cuaca, dan pengenalan alat-alat observasi. 

"Kita harapkan bisa memberikan manfaat bagi nelayan kegiatan ini dalam menjalankan aktivitasnya," pungkasnya.***