Dodi Irawan Bakaghojo: Untuk Logo Event ini Kita Ambil Dari Simbol Peranap

Senin, 20 November 2023

Logo festival pacu sampan Godang di tepian rengas sakti

Inhu, BeritaOne.id - Kalau tidak ada aral melintang, festival akbar pacu sampan godang tradisional di tepian rengas sakti akan dibuka Bupati Inhu Rezita Maylani Yopi Kamis 23 November 2023 mendatang, kegiatan tersebut akan berlangsung selama tiga hari dan berakhir 25 November 2023.

Festival jalur di tepian rengas sakti desa Gumanti Kecamatan Peranap, merupakan Ivent tradisional dari aspirasi Dodi Irawan BAKAGHOJOO senilai 200 juta rupiah.

Selain aspirasi Dodi Irawan untuk festival pacu sampan godang tradisional tepian rengas sakti pembiayaan langsung dari APBD Inhu tahun 2023, Dodi Irawan Bakaghojoo juga memperjuangkan biaya rehab masjid Raya Kenegerian Baturijal dan Masjid Cagar Budaya yang khas, dimana kedua masjid ini dapat sentuhan ratusan juta rupiah untuk rehab plafon.

Dodi Irawan Bakaghojoo saat dikonfirmasi wartawan, Senin (20/11/2023) di Peranap mengatakan acara festival pacu sampan Godang Tradisional Tepian Rengas Sakti akan diadakan di tepian rengas sakti di desa Gumanti dan sampai hari ini sudah ada 20 jalur yang mendaftar.

"Festival pacu sampan Godang Tradisional Tepian Rengas Sakti akan di buka oleh Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi SE dan Insya Allah penutupan oleh tokoh masyarakat riau bang H Yopi Arianto SE," ucapnya

Dijelaskan Dodi Irawan Bakaghojoo, Peranap sebagai tuan rumah bisa mengenalkan cagar budaya religi yang ada di peranap. Seperti Masjid Raja yang ada di seberang tepian gelanggang Rengas Sakti atau yang dikenal Masjid Raja Pauh Ranap.

"Untuk Logo event ini kita ambil dari simbol Peranap, yaitu masjid Raya Kenegerian Baturijal, Masjid Raja Pauh Ranap, Tugu Peranap dan Jalur Tuah Keramat Bukit Embun sebagai juara Iven Nasional Narosa.

Dodi Irawan bakaghojoo berharap ini bisa menginspirasi semua orang untuk mencintai budaya jalur, menambah nilai ekonomi dan mempererat silaturahmi dua kabupaten Inhu Kuansing yang mempunyai khazanah budaya jalur, dan mengutamakan sportifitas olahraga dayung.

"Saya juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang ikut mensuport Iven ini, khususnya kepada Ketua panitia Irjon yang juga sebagai kepala desa, Ustadz Novrinaldi LC aksi Indosiar jugo membuat video ajakan untuk memeriahkan Iven ini, sahabat saya Jufri dari jepang turut membuat himbauan untuk meramaikan kegiatan ini dan acara ini dapat dukungan dari Citra Water Park Lalak yaitu mas Gendon," ungkap Dodi Irawan Bakaghojoo. **