Ini Alasan Minyak Goreng Sawit Lebih Baik Dibanding Minyak Nabati Lainnya

Senin, 30 Oktober 2023

Bengkulu, BeritaOne.id - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, menyebutkan bahwa minyak goreng dari kelapa sawit lebih baik dari pada minyak nabati lainnya seperti minyak kedelai dan minyak kelapa.

Menurutnya, minyak kelapa sawit memiliki komposisi hampir 50% asam lemak jenuh dan hampir 50% lemak tidak jenuh.

"Bandingkan dengan minyak kedelai yang mengandung sekitar 85-90% asam lemak tidak jenuh dan hanya 10-15% asam lemak jenuh. Sementara minyak kelapa memiliki sekitar 85-90% asam lemak jenuh dan hanya 10-15% asam lemak tidak jenuh," ungkapnya, Kamis (26/10).

"Minyak sawit adalah pilihan yang paling cocok untuk menggoreng. Karena memiliki keseimbangan yang sempurna antara asam lemak jenuh dan asam lemak tidak jenuh," tambahnya.

Keunggulan minyak kelapa sawit tidak hanya terbatas pada komposisinya. Menurut Herwan, minyak kelapa sawit memiliki stabilitas yang tinggi saat digunakan untuk menggoreng.

"Sehingga tidak mudah menjadi tengik. Hasil gorengan dengan minyak ini juga awet dan memiliki kandungan radikal bebas yang rendah," sebutnya.

Meski begitu, dia menekankan bahwa konsumsi minyak nabati secara berlebihan tidak disarankan. "Harus bijak mengkonsumsi minyak nabati apapun untuk menjaga kesehatan tubuh," tukasnya. **B-One03