Nasib Kepsek SMP N 6 Keritang Herlina Ditentukan 7 Hari Oleh Disdik Inhil

Selasa, 03 Oktober 2023

Tampak depan SMP N 6 Keritang di Kabupaten Indragiri hilir -Riau.

Inhil, BeritaOne.id - Viralnya pemberitaan terkait sikap Kepala sekolah (Kepsek) SMP Negeri 5 Keritang Mesy Herlina seperti sengaja membiarkan fasilitas bangunan sekolah seperti kandang kambing, musholla di dalam komplek sekolah yang dipimpinnya jadi tempat Anjing, mendapat tanggapan dari Dinas pendidikan (Disdik) Kabupaten Indragiri hilir (Inhil)-Riau.

Pihak Disdik Inhil dikabarkan melakukan pemanggilan Kepsek Mesy Herlina, pemanggilan Kepsek Herlina untuk bertemu dengan kepala bidang (Kabid) SMP Disdik Inhil sesuai dengan arahan dan perintah Kadisdik Inhil dalam menyikapi informasi yang beredar tersebut.

Pemanggilan Kepsek SMP N 6 Keritang oleh Disdik Inhil dibenarkan Kabid SMP Disdik Inhil Nursyah Fajar SSos MAP, menurutnya dalam pemanggilan tersebut nanti akan diperintahkan langsung Kepsek yang bersangkutan tersebut fokus membenahi SMP Negeri 6 Keritang dan berharap seminggu kedepan ada perubahan yang dilakukan Kepsek.

"Kami dari bidang, akan terus memantau perkembangan kedepannya," ujar Kabid Nursyah Fajar kepada wartawan Senin (2/10/2023).

Terkait pembangunan, untuk tahun 2023 ini, Disdik Inhil sudah mencoba untuk memasukan rehab sedang dianggaran perubahan, dan pada  tahun anggaran 2024 SMP Negeri 6 Keritang tersebut akan di upayakan pembangunan ruang Laboratorium.

"Terkait dengan pungutan, kami akan segera melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) ke sekolah tersebut, Insya Allah kita akan kesana," jelasnya.

Sebagaimana pemberitaan sebelumnya dengan judul "Musholla Tempat Anjing, Jadi Kepsek Sejak Juni 2020, Kepsek Herlina Dinilai Tak Pandai Urus Dalam" edisi Minggu (01/10/2023) tayang di BeritaOne.id kondisi SMP N 6 Keritang di desa Sencalang Inhil dikeluhkan oleh para wali murid dan warga sekitar.

"Pak bupati, tolong tukar Kepsek SMP 6 Keritang, sebagai Wali Murid, kami mau punya Kepala Sekolah yang peduli dengan kegiatan keagamaan Siswa, minimal mengaktifkan Mushola, lihatlah Mushola SMP Negeri Keritang itu, jadi tempat Anjing," ujar wali murid Siswa yang namanya enggan disebutkan pada pemberitaan sebelumnya.

Masyarakat sekitar juga menilai prilaku Kepsek tertutup, mereka khawatir atas hal itu. Belum lagi masalah Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) reguler dan BOS Kinerja, yang terkesan digunakan sesuka hati Kepsek. Ditambah dengan tidak diketahui nya arah penggunaan Dana iuran Siswa yang dikumpulkan setiap Jum'at sejak tahun 2020 yang lalu hingga 2023.

Selain itu, Masyarakat menyinggung soal pembangunan disekolah itu, terlihat sudah pada rusak. Mulai dari atap seng kantor yang sudah lapuk, saluran air yang sudah tertutup, bahkan mirisnya musholla yang disucikan tidak digunakan oleh guru dan siswa untuk sholat berjamaah pada waktu Zuhur bahkan seperti dibiarkan jadi tempat bermain anjing. **B-0ne01

Jadi Kepsek Sejak Juni 2020, Kepsek Herlina Dinilai Tak Pandai Urus Dalam