Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan, Disambut Antusias Ibu-Ibu, Sri Rahayu: Terimakasih Pak Effendi Sianipar

Ahad, 04 Juni 2023

PEKANBARU,BeritaOne.id-Penanaman nilai-nilai empat pilar kebangsaan di lingkungan keluarga dan ditengah masyarakat diharapkan mampu memperkuat nilai-nilai kebangsaan warga negara. 

Ini dilakukan untuk menghadapi dampak dari berbagai perubahan yang terjadi, penanaman nilai-nilai empat pilar kebangsaan seperti Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di lingkungan sangat penting  diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Hal itu terungkap pada kegiatan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang dilaksanakan anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Ir Effendi Sianipar dihadapan ibu-ibu, tokoh agama, Relawan Masyarakat Peduli Riau Effendi Sianipar,  perangkat RT dan RW,di Jalan Duyung, Kota Pekanbaru. 

"Empat Pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika, ini semua harus diterapkan, , mulai dari lingkungan keluarga hingga ditengah masyarakat Riau, "kata Effendi Sianipar melalui Tenaga Ahlinya Dodi Sukma RA SHut MSi, Kamis (1/6/2023)

"Karena, perempuan adalah tiang keluarga. Yang mana  ibu merupakan pembawa pesan dan pemberi contoh yang baik bagi keluarganya," ujar dia. 

Terlihat dalam kegiatan itu, para ibu-ibu sangat antusias mendengarkan penjelasan dalam sosialisasi tersebut. Bahkan para ibu-ibu berharap, anggota DPR RI komisi V ini terus melaksanakan kegiatan ini. 

Seperti yang disampaikan salah seorang ibu, Sri Rahayu Ningsih, dengan kegiatan Effendi Sianipar ini dirinya terbantu dan mendapatkan pengetahuan. 

"Pak Effendi Sianipar, harus terus melaksanakan kegiatan ini. Karena, sangat bagus. Saya bersama ibu-ibu sangat terbantu, termasuk keluarga kami semua. Terimkasih pak, atas pengetahuannya ini,"ujar Sri Rahayu Ningsih. 

Disisi lain, ditempat terpisah, anggota DPR RI Fraksi PDI P, Effendi Sianipar menambahkan,  mensosialisasikan Empat Pilar ini agar terbangun atas dasar kecintaan terhadap negara kesatuan Republik Indonesia. 

"Kita terus menanamkan dihati masyarakat, agar terus terbangun kecintaan terhadap negara kesatuan Republik Indonesia, yang berlandaskan nilai Pancasila. Melalui sosialisasi empat pilar kebangsaan. Sudah terlaksana dan semoga bisa memberikan manfaat dan berkah bagi kita semua,"kata Effendi Sianipar kepada wartawan, Senin (5/6/2023) 

Menurut dia, tujuan sosialisasi ini adalah merekatkan kehidupan berbangsa dan menghindarkan terjadinya disintegrasi bangsa. Pancasila harus dijadikan landasan berpikir dan berkehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. 

Kegiatan sosialisasi, sebutnya, merupakan kewajiban yang dijalani oleh anghota DPR RI yang merupakan bagian dari  MPR RI terkandung dalam Undang-Undang Nomor 27 tahun 2009 pasal 15 ayat 1. 

Dia mengajak agar masyarakat selalu, membangun sikap toleransi, memperkuat persatuan dan kesatuan,  saling menghormati, dan menerapkan sikap tolong menolong tanpa melihat siapa yang tolongnya. 

"Saya sebagai perwakilan masyarakat Riau di DPR RI mempunyai salah satu tugas yang diamanatkan Undang-Undang adalah melaksanakan pembumian Pancasila, Undang-Undang Dasar 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Untuk itu, kita harus terus membumikan Pancasila keseluruh lapisan masyarakat,"pungkasnya.***