Pastikan Hak Pilih, Bawaslu Pekanbaru patroli pengawasan di CFD

Ahad, 12 Maret 2023

PEKANBARU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pekanbaru menggelar patroli pengawasan di area Car Free Day (CFD) Kota Pekanbaru,  Minggu, guna memastikan hak suara setiap masyarakat.

Komisioner Bawaslu Kota Pekanbaru, Rizqi Abadi, mengatakan, sesuai Instruksi Bawaslu RI Nomor 4 tahun 2023. Patroli pengawasan kawal hak pilih dilakukan minimal dua kali dalam seminggu dan akan berlangsung sampai hari H (14 Februari 2024) pemungutan suara.

"Hari ini kita melakukan di CFD, nanti dari Panwascam juga akan melaksanakan kegiatan yang sama, dan kita juga sudah punya beberapa posko. Intinya, kita mau melindungi hak suara masyarakat," ujar Rizqi di Pekanbaru, Ahad.

Adapun  bentuk patroli pengawasan yang dilaksanakan hari ini, para petugas patroli yang terdiri dari Panwascam dan Panwas Kelurahan membagikan brosur tentang cara mengecek hak pilih masyarakat.

"Kita membimbing masyarakat yang memenuhi syarat untuk memastikan hak suaranya, apakah sudah terdaftar atau belum," tuturnya.

Kalau misalnya ada masyarakat yang memenuhi syarat namun tidak terdaftar sebagai pemilih, Bawaslu akan melakukan pendataan dan selanjutnya mengadvokasi ke pihak penyelenggara, yakni ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Kita juga punya posko keliling, kemarin di Pasar Limapuluh, ada juga di warung-warung, besok kita mau buat di pusat perbelanjaan, pusat pendidikan atau rumah ibadah. Kita akan tampung semua laporan dari masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Provinsi Riau, Alnofrizal, mengapresiasi kegiatan patroli pengawasan yang dilaksanakan Bawaslu Kota Pekanbaru.

Ini bagian dari tahapan tugas Bawaslu menjelang Pemilu 2024, untuk memastikan hak dari setiap masyarakat itu tersalurkan dengan baik.

Dengan upaya ini juga diharapkan tersosialisasi dengan baik dan mencapai ke kantong pemilih di pelosok.

 "Sebagai pengawas pemilu yang sudah diberikan amanat, kita harus memaksimalkan peran kita untuk memastikan Pemilu berjalan sebagaimana mestinya," katanya.