Mengantuk Lewati Tol Pekanbaru-Dumai Supir Tangki Tabrakan

Kamis, 09 Maret 2023

PEKANBARU - Supir truk tangki dan penumpangnya tewas di Jalan Tol Permai Pku-Dumai Jalur A KM 63/400 Desa Balai Pungut Kecamatan Pinggir Kabbupaten Bengkalis. Usai menabrak truk tronton, Selasa (7/3) pagi.

Identitas yang tewas, yakni EW berstatus supir meninggal ditempat dan penumpangnya WH meninggal saat perawatan di rumah sakit.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Riau Kompol Irnanda menjelaskan, korban tewas setelah mobil tangki menabrak bagian belakang truk tronton di lokasi.

"Tabrakan ini terjadi di jalur yang sama," ucap Irnanda, Rabu (8/3).

Awalnya kata Irnanda, mobil tangki melaju dari Pekanbaru tujuan Dumai. Setibanya di lokasi, tiba-tiba menabrak tronton karena dalam kondisi mengantuk.

"Supir tewas di lokasi, sedangkan penumpangnya tewas dalam perawatan medis," jelas Irnanda.

Sebelum tabrakan, awalnya truk tangki terlebih dahulu hilang kendali dan mengarah ke jalur kiri dan langsung menabrak pembatas jalan. 

"Setelah menabrak pembatas jalan, truk langsung menabrak bagian belakang truk tronton yang sedang ganti ban," kata Irnanda.

Branch Manager Ruas Tol Pekanbaru-Dumai, Jarot Seno Wibawa menambahkan, dua kendaraan yang terlibat yakni truk tangki plat BM 8465 DN menabrak truk tronton B 9442 TYWdi KM 63+500.

Menurut hasil investigasi, mobil tangki hilang kendali karena supirnya mengantuk dan terjadi tabrakan.

"Ada dua korban meninggal dunia," kata Jarot Seno.

Jarot memastikan, tidak terjadi kemacetan lalulintas akibat tabrakan yang terjadi."Kami turut berbelasungkawa atas meninggalnya korban serta meminta maaf atas ketidaknyamanan yang timbul," ujar Jarot.

Pihaknya mengimbau, seluruh pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, berkendara di kecepatan maksimal 80 km/jam.

"Kami mengimbau saat hendak menggunakan jalan tol pengendara dapat mengecek kondisi kendaraan sebelum mengemudi. Kemudian, pastikan saat berkendara dalam kondisi prima dan tidak mengemudi dalam kondisi mengantuk, serta selalu SETUJU bahwa keselamatan adalah nomor," pesan Jarot.