Kantor MPP Pekanbaru Hancur Dilalap Api

Ahad, 05 Maret 2023

PEKANBARU - Kebakaran terjadi di Mal Pelayanan Publik (MPP) bekas kantor Wali Kota Pekanbaru di Jalan Sudirman. Api berkobar pada Minggu (5/3/2023) sekitar pukul 10.00 WIB. 

Si jago merah membara dari lantai atas hingga membakar semua bangunan. Belum diketahui penyebab kebakaran, petugas tampak berjibaku memadamkan api.

"Innalillahi wainna illahi rajiun. Pagi ini dijadwalkan saya akan membersamai kegiatan Satu Tahun Meninggalnya Bapak Herman Abdullah bin Abdullah Hasan di mesjid Ar-rahman lebih kurang 500 M dari Mal Pelayan Publik Pekanbaru," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun. 

Disampaikan Muflihun MPP tersebut merupakan pusat pelayanan publik Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru untuk masyarakat. 

"Hancur hati ini rasanya melihat api berkobar melahap bangunan MPP. Ini bukan hanya soal bangunan, akan tetapi gedung ini adalah pusat pelayanan publik pemerintah Pekanbaru untuk masyarakat," ujar Muflihun. 

Selain itu, kata pria yang akrab disapa Uun itu, nilai sentimental pada gedung ini yang justru terbakar ketika hari ini memperingati dan mendoakan wali kota Pekanbaru dari masa ke masa.

"Ya allah, kami terima ini sebagai muhassabah. Kami akan bangkit sekuat mungkin. Insya allah. Bantu kami ya allah," ucap Uun. 

Gedung MPP Pekanbaru, Riau dahulu adalah Kantor Wali Kota Pekanbaru sebelum dipindahkan ke Kecamatan Tenayan Raya ketika Wali Kota masih dijabat Firdaus MT. 

Saat ini gedung tersebut difungsikan sebagai kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru. Murupakan tempat pelayanan satu pintu bagi masyarakat untuk mengurus administrasi perizinan, KTP, SIM, dan administrasi lainnya.