Koramil 04/PP Terus Sosialisasikan Pencegahan dan Antisipasi Terjadinya Karhutla

Jumat, 03 Maret 2023

Babinsa Koramil 04/PP, Serka R Sembiring dan Serda Abdiyanto saat giat dan rutin melaksanakan patroli disertai sosialisasi Karhutla

INHU, BeritaOne.id - Seperti kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 04/PP, Kodim 0302/Inhu, Serka R Sembiring dan Serda Abdiyanto yang giat dan rutin melaksanakan patroli disertai sosialisasi Karhutla di wilayah desa binaan, Desa Sidomulyo Kec Lirik Kabupaten Inhu-Riau, Jumat (03/03/2023).

Dalam kegiatan patroli tersebut, Serka R Sembiring selaku Babinsa sangat mengharapkan warga masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan secara otomatis.

"Membuka lahan pertanian dan perkebunan dengan cara membakar merupakan tindakan yang melawan hukum dan dapat diancam dengan hukuman penjara serta denda yang besar," jelasnya kepada warga.

Lebih lanjut ia juga menambahkan bahwa membuka lahan untuk dan perkebunan tidak harus dilakukan dengan cara membakar, karena sekarang sudah banyak pertanian yang bisa digunakan untuk membuka lahan serta menyuburkan tanah.

"Memang budaya orang tua kita zaman dulu apabila mau bercocok tanam harus terlebih dahulu membakar lahan dengan maksud agar tanah menjadi pinggiran kota. Tapi itu jaman dulu yang teknologi pertanian tidak semaju sekarang ini," katanya.

"Sebagai Babinsa yang tercatat di desa kita harus bisa menyadarkan masyarakat akan bahaya dan dampak yang ditimbulkan dari kebakaran dan lahan tersebut bagi, maupun dari kegiatan ekonomi warga,” pungkas Serka R Sembiring.**