2.102 Wisudawan Unri harus siap masuki dunia baru

Kamis, 23 Februari 2023

PEKANBARU  - Rektor Universitas Riau (Unri) Prof. Dr. Sri Indarti mengatakan sebanyak 2.102 wisudawan yang dikukuhkan  pada tahun ini harus siap memasuki dunia baru dengan menjadi insan yang memiliki ilmu pengetahuan unggul dapat dimanfaatkan maksimal bagi kehidupan setelah menjalankan aktivitas akademik.

"Wisudawan Unri harus tetap optimistis melanjutkan cita-cita bersama membangun negeri berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia tangguh, Indonesia maju," kata Rektor Sri Indarti pada wisuda periode Februari 2023 melalui sidang Senat terbuka Unri, di Pekanbaru, Rabu.

Upacara wisuda ini merupakan refleksi dari perjuangan wisudawan yang telah menjalankan aktifitas akademik sebagai bekal dalam memasuki tahapan kehidupan baru.

Sedangkan perguruan tinggi, katanya, menjadi sangat penting karena berperan sebagai wadah pembelajaran, pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pusat kajian kebajikan serta kekuatan moral untuk mencari dan menemukan kebenaran, serta sebagai pusat pengembangan peradaban bangsa.

"Keberadaan lulusan akan menambah jumlah pencari kerja, akan tetapi keadaan ketenagakerjaan Indonesia akhir 2022, tingkat pengangguran terbuka makin lama makin menurun, ada 7,07 persen di tahun 2020, menurun menjadi 6,49 pada tahun 2021, dan menurun kembali menjadi 5,86 persen pada tahun 2023," katanya.

Angka ini justru mengingatkan bahwa adanya korelasi antara jumlah ketersediaan lapangan kerja dengan angkatan kerja. Karena itu, sangat penting peran perguruan tinggi dapat memfasilitasi penyusunan kurikulum pendidikan yang "link and match" antara kompetensi-keahlian dan permintaan kerja.

Ia menekankan bahwa kompetensi-keahlian dan dengan permintaan kerja itu, bukan hanya dibatasi oleh lulusan yang akan terserap di berbagai sektor dan bidang pekerjaan, namun lebih daripada itu.

"Kita berharap lulusan UNRI dapat membuka lapangan-lapangan kerja baru yang akan menyerap tenaga kerja yang lebih banyak," katanya.

Saat ini Unri dari versi webometrik Januari 2023, Universitas menempati rangking 15 kampus terbaik dari 3.381 Universitas Sekolah Tinggi di seluruh Indonesia atau ranking 1.780 di dunia pada tahun 2023.

Unri mewisuda sebanyak 2.102 orang wisudawan, dengan rincian, pascasarjana sebanyak 215 wisudawan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sebanyak 323 wisudawan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sebanyak 265 Wisudawan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sebanyak 130 wisudawan.

Untuk Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan (FPK) sebanyak 207 wisudawan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (368 wisudawan), Fakultas Pertanian (150 wisudawan), Fakultas Teknik (226 wisudawan), Fakultas Hukum (117 wisudawan), Fakultas Kedokteran (37 wisudawan), dan Fakultas Keperawatan (59 wisudawan).

"Dengan demikian, sejak tahun 1962 hingga sekarang, Universitas Riau telah menghasilkan lulusan sebanyak 121.925 orang. Saat ini Program Studi di UNRI sudah semakin unggul. Dari sebanyak 109 Program Studi yang ada di UNRI, sudah terakreditasi A sebesar 30 persen, yang terakreditasi B ada sebanyak 47 persen dan dan beberapa merupakan prodi baru," kata Guru Besar Manajemen SDM ini.