PKB Berhentikan Dodi Irawan dari Jabatan Ketua Fraksi

Selasa, 14 Februari 2023

Anggota DPRD Inhu Dodi Irawan

Inhu, BeritaOne.id - Setelah anggota DPRD Indragiri hulu (Inhu)-Riau, Dodi Irawan diberhentikan dari jabatan ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), kembali Dodi Irawan dipermalukan dengan dua Surat Peringatan (SP) dikirim untuk Dodi Irawan ke komisi II DPRD Inhu, surat dikirim secara terbuka (Tanpa amplop yang di lem,red) oleh pengurus karateker DPC PKB Kabupaten Inhu. 

Informasi yang berhasil dihimpun Senin (13/2/2023), Dodi Irawan telah diberhentikan dari jabatan ketua fraksi PKB DPRD Inhu, pengumuman pemberhentian Dodi Irawan dan digantikan Suparman dalam sidang paripurna menumpang di aula kantor Disnaker  Inhu pada Senin (13/2/23), dipimpin langsung oleh wakil ketua DPRD Inhu Masrullah SP yang merupakan kader partai PKB.

Masrullah mengambil alih pimpinan sidang, dengan memerintahkan Sekwan DPRD Inhu untuk mengumumkan pemberhentian Dodi Irawan dari ketua fraksi PKB DPRD Inhu digantikan oleh Suparman. 

Padahal, rapat paripurna diwaktu yang sama dengan agenda, penutupan masa sidang III tahun 2022 dan pembukaan masa sidang I tahun 2023 DPRD Inhu dan penyampaian hasil reses ke III 2022 dipimpin oleh wakil ketua DPRD Inhu H Suwardi Ritonga SE.

Sebelumnya, ada dua kali sudah dilakukan pengumuman pemberhentian ketua fraksi di DPRD Inhu, diantaranya adalah pemberhentian dan penggantian ketua fraksi Golkar di DPRD Inhu serta pemberhentian dan pengangkatan ketua fraksi PKS DPRD isi yang beredar tanpa melalui pembahasan di Badan musyawarah, (Banmus) DPRD Inhu, lain yang dialami Dodi Irwan, selain diberikan SP secara terbuka untuk 2 surat dalam satu map diantar staf DPC PKB Inhu ke ruangan komisi II DPRD Inhu, Dodi Irawan diberhentikan dari ketua fraksi PKB DPRD Inhu melalui rapat Banmus.

"Yang memimpin rapat paripurna dengan agenda mengumumkan pergantian ketua fraksi PKB dipimpin oleh Masyurllah, sebelumnya beberapa agenda lainnya dihari yang sama saya yang memimpin rapat paripurna," ujar Suwardi Ritonga berbincang dengan wartawan Senin (13/2/2023).

Banyak memang warga yang terkejut atas pemberhentian anggota DPRD Inhu Dodi Irawan dari ketua DPC PKB Inhu, serta membuat masyarakat Inhu banyak bertanya tanya atas adanya pemberhentian kembali Dodi Irawan dari ketua fraksi PKB di DPRD Inhu.

Salah satu kader PKB di Inhu yang terkejut ketika mengetahui anggota DPRD Inhu Dodi Irawan diberhentikan dari jabatan ketua DPC PKB Inhu dan Dodi Irawan juga kembali diberhentikan dari jabatan ketua fraksi PKB DPRD Inhu adalah ketua DPAC PKB Peranap, Nalismarudin. Dengan kondisi tersebut Nalismarudin kecewa dia menyatakan juga akan mengundurkan diri dari jabatan ketua DPAC PKB Peranap dan dari keanggotaan PKB.

"Saya diajak bergabung ke PKB adalah Dodi Irawan, saya belum menerima SK juga, dengan kondisi PKB Inhu saat ini, saya menyatakan mengundurkan diri dari keanggotaan partai PKB dan mengundurkan diri dari jabatan ketua DPAC PKB Peranap," kata Nalismarudin Selasa (14/2/2023).

Bukan hanya Nalismarudin ketua DPAC PKB Peranap yang mengundurkan diri, tetapi dengan pemberhentian anggota DPRD Inhu Dodi Irawan dari ketua DPC PKB Inhu dan pemberhentian Dodi Irawan dari ketua fraksi PKB DPRD Inhu, ketua DPAC PKB Batang Peranap Asmardi diketahui juga akan mengundurkan diri keanggotaan partai PKB Inhu dan dari jabatan ketua DPAC Batang Peranap.

Sementara itu, ketua DPRD Inhu Elda Suhanura membenarkan adanya surat masuk ke DPRD Inhu tentang perubahan komposisi struktur fraksi PKB DPRD. "Setiap surat yang masuk ke DPRD tetap dilakukan proses, dan terkait ketua fraksi PKB dari Dodi Irawan digantikan Suparman melalui proses di Banmus, rapat Banmus dipimpin wakil ketua DPRD Inhu Masyurllah, sebelum diumumkan dalam sidang paripurna," ujar Elda.

DPRD Inhu sendiri membuat kebiasaan terkait keputusan yang dilakukan DPRD dalam paripurna, langkah awal adalah dilakukan pembahasan di Badan musyawarah (Banmus) DPRD. "Alur yang dilalui setiap keputusan bahkan pengumuman dalam paripurna DPRD Inhu didahului dengan Banmus. Termasuk pengumuman komposisi fraksi di DPRD Inhu dalam paripurna," kata Elda Suhanura ketika dikonfirmasi Selasa (14/2/2023) di Pematang Reba.

Anggota DPRD Inhu Dodi Irawan serta diketahui juga tidak hadir dalam paripurna pengumuman dirinya diberhentikan dari ketua fraksi PKB DPRD Inhu yang dipimpin langsung oleh wakil ketua DPRD Inhu Masrullah.