Enam Fakultas Unri Perkuat Kerja Sama Dengan Kampus PSU Thailand

Senin, 13 Februari 2023

PEKANBARU - Universitas Riau menguatkan kerjasama dengan Kampus Prince of Songkla University (PSU) Thailand, Senin (13/2/2023).Penguatan kerja sama ini ditandai kunjungan pihak Delegasi Prince of Songkla University.

Rombongan disambut langsung Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi Unri Dr Ir Sofyan Husein Siregar M Phil dan jajaran.

Rombongan dari PSU yang datang diantaranya Presiden Universitas Prince Songkla, Asst Prof Dr Niwat Keawpradub, Asisten Presiden Urusan Internasional Universitas Prince Songkla, Asst. Prof Dr Wongkot Phuphumirat, serta dosen-dosen PSU yang bekerjasama dengan Unri.

"Kerja sama ini sangat penting melakukan kerja sama interdisipliner untuk meningkatkan daya saing Peruruan Tinggi," kata Sofyan melalui keterangan tertulisnya kepada Medis Center Riau. 

Sofyan menjelaskan, Unri sering melakukan kerjasama internasional dengan berbagai perguruan tinggi untuk memfasilitasi pertukaran pengetahuan, kerja sama penelitian, serta pengembangan kegiatan akademik lainnya.

"Kerja sama seperti ini menjadi satu di antara prioritas utama bagi Unri," sebut Sofyan.

Selain itu, penguatan kerja sama ini juga sesuai amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim melalui “Merdeka Belajar Kampus Merdeka”.

"Sesuai amanat Menteri pendidikan menciptakan lingkungan belajar yang beragam akan memberi dampak positif terhadap pengembangan potensi individu," ujar Sofyan.

Kemudian lanjut Sofyan, pembentukan intelektual dan karakter bisa didapatkan dengan menuntut ilmu diberbagai lingkungan belajar.

Pengembangan kurikulum berstandar internasional ini, juga memperluas kemampuan mahasiswa untuk memenuhi standar sistem pendidikan internasional, serta merancang kerja sama dengan lembaga pemerintah dan non-pemerintah untuk meningkatkan layanan pendidikan.

Untuk mencapai tujuan itu, Unri tidak bisa melakukannya sendiri. Sehingga sangat penting dilakukan kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi. 

"Kerjasama ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mencapai apa yang telah dicita-citakan yakni sesuai dengan visi Unri untuk menjadi universitas riset yang unggul," ungkap Sofyan.

Terkait kerjasama Unri dan PSU, sebelumnya telah dimulai di tahun 2006, yang dilanjutkan penandatangani Nota Kesepahaman pertama. 

"Tahun 2017-2019 lalu, kerja sama ini dilanjutkan oleh Fakultas Keperawatan seperti mengirim dosen untuk penelitian dan studi doktor di PSU," ujar Sofyan.

Sofyan mengatakan, tahun 2019 itu, Unri dan PSU memperbarui Nota Kesepahaman. Pihaknya berharap pertemuan ini akan membawa ide-ide segar untuk proyek dan kegiatan selanjutnya yang dapat dikerjakan bersama dalam waktu dekat.

Bertempat di Kampus Unri Panam, kembali dilakukan pertemuan yang dilanjutkan pemaparan rencana kerja sama dengan PSU tahun 2023.

Dalam pemaparan yang dilakukan direncanakan kuliah tamu, Presentasi tentang peluang untuk kuliah S2 dan S3 di PSU, dan interview bagi dosen/mahasiswa yang berminat melanjutkan pendidikan di PSU.

"Kerjasama ini dilakukan enam fakultas seperti Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Keperawatan (FKp), Fakultas Metematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Pertanian (FT), Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK).