Pemko Pekanbaru akan Anggarkan Rp95 Miliar untuk Pilkada 2024

Senin, 30 Januari 2023

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, Provinsi Riau, menganggarkan sekitar Rp95 miliar untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 berdasarkan usulan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemko Pekanbaru Syoffaizal melalui Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Kesatuan Bangsa dan Politik, Kota Pekanbaru, Tengku Firdaus di Pekanbaru, Senin, mengatakan, usulan KPU Pekanbaru untuk anggaran Pilkada adalah Rp67.179.871.250. Sedangkan Bawaslu Pekanbaru mengusulkan anggaran Rp28.429.951.000.

"KPU Pekanbaru mengusulkan Rp67.179.871.250. Jadi, kita akan anggarkan sekitar segitu untuk Pilkada dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Pekanbaru," katanya. 

Ia menjelaskan, jumlah anggaran itu akan diverifikasi lebih dulu, dan setelah itu akan dihibahkan pada tahun 2024 mendatang. Namun begitu, pihaknya masih menunggu Peraturan KPU terkait pelaksanaan Pilkada Tahun 2024 terlebih dahulu sebelum memberikan hibah. 

"Nanti setelah ada aturannya, baru kita verifikasi, mungkin anggarannya bisa kurang atau lebih," jelasnya

Sementara itu, untuk Bawaslu Pekanbaru menyiapkan anggaran berkisar Rp28.429.951.000 yang juga akan disalurkan melalui hibah. Namun, belum dapat dipastikan apakah jumlah yang dihibahkan akan sesuai dengan usulan tersebut.

"Bawaslu Pekanbaru memang mengajukan anggaran untuk Pilkada kepada Pemko Pekanbaru sebesar Rp28.429.951.000. Nanti akan diberikan dalam bentuk hibah, melalui Kesbangpol Pekanbaru," ujarnya. 

Menurutnya, Pemko Pekanbaru nantinya akan melakukan koordinasi lanjutan untuk memverifikasi anggaran ini sesuai kebutuhan di lapangan bagi Bawaslu Pekanbaru. Hasil verifikasi, kemungkinan anggaran yang diusulkan bisa berkurang atau bertambah.

"Nanti hasil verifikasi yang menentukan berapa jumlah anggaran yang akan kita hibahkan. Apakah tetap, berkurang atau bertambah? Kalau sekarang baru usulan dari Bawaslu Pekanbaru," ungkapnya.