Pidato Bupati Rezita Ketika Melantik Pejabat Awal Tahun 2023 Ditanggapi Masyarakat

Ahad, 08 Januari 2023

Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi SE saat menyampaikan Pidatonya kepada ratusan Pejabat yang dilantik Awal Tahun 2023 Kiri, dan tokoh muda Inhu, Said Afandi SE

INHU , Beritaone . id - Pidato Bupati Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu)-Riau Rezita Meylani, dihadapan 192 orang pejabat usai diambil sumpahnya, sebagai pejabat pimpinan tinggi pratama administrator dan pengawas di lingkungan pemerintah Kabupaten Inhu, mendapatkan banyak tanggapan masyarakat.

Tanggapan positif atas pidato Bupati Rezita tersebut, Bupati Rezita Meylani dinilai matang dalam birokrasi meski baru dua tahun menjabat sebagai bupati Inhu. Bupati melantik pejabat sesuai dengan struktur kebutuhan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada, meski sejumlah OPD harus dilakukan evaluasi kembali terhadap pejabat yang dibelum promosikan atau terkena sanksi disiplin demosi.

“Coba resapi apa yang disampaikan Bupati kepada pejabat yang dilantik, itu menandakan kalau bupati menginginkan pejabat Inhu tersebut pada hari ini melakukan kerja keras dan bekerja cerdas,” ujar tokoh muda Inhu Said Afandi SE kepada wartawan Minggu (8/1/2023) di Rengat .

Secara tegas dan jelas, Bupati dihadapan pejabat Inhu yang dilantik berpesan, "Kepada seluruh pejabat yang dilantik, saya ingatkan, bahwa jabatan bukanlah untuk dibanggakan dan membuat kita larut dalam euforia kekuatan. Jabatan ini melainkan sebagai ladang pengabdian untuk dilaksanakan dengan bekerja demi kepentingan masyarakat, " ujar Afandi mengutip pernyataan bupati yang ditulis oleh wartawan.

Apa yang dimaksudkan Bupati kepada pejabat itu, bupati secara jelas menyampaikan pesan kalau pejabat yang dilantik harus bekerja sesuai dengan tugas dan kewenangan. “Bupati kan mengingatkan, selain bertanggung jawab dengan dirinya sebagai bupati, pejabat itu bertanggung jawab langsung dengan masyarakat dan Allah SWT,” ujar Afandi yang akrab disapa habib ini.

Afandi juga meyakini, kalau bupati dibantu wakil Bupati dan Sekretaris Daerah (Sekda) secara ketat akan melakukan pengawasan kepada OPD yang ada, hal itu untuk memastikan kalau fungsi OPD sesuai dengan kebutuhan pelayanan yang dibutuhkan masyarakat. 

"Saya yakin, secara mendadak nanti ada pejabat yang dibebastugaskan jika tidak paham dengan tugas dan tanggung jawabnya serta fungsinya pada OPD tersebut," ucap Habib yang tercatat sebagai anggota Panwaslu Kecamatan Rengat ini.

Sebelumnya, Bupati Inhu Rezita Meylani menyampaikan kepada seluruh pejabat yang dilantik, jadilah abdi negara dengan karakter smart. Aparatur Sipil Negara (ASN) harus memiliki integritas, nasionalisme, profesionalisme, berwawasan global, menguasai teknologi informasi dan memiliki jaringan luas yang akan membawa Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) ke tahap implementasi birokrasi yang berbasis digital.

“Kepada seluruh pejabat yang dilantik, saya ingatkan, bahwa jabatan bukanlah untuk dibanggakan dan membuat kita larut dalam kekuatan euforia. Jabatan ini bukannya sebagai ladang pengabdian untuk dilaksanakan dengan bekerja demi kepentingan masyarakat,” kata Bupati Rezita dalam pelantikan Kamis (5/1/2024). ) di Dang Purnama Rengat.

Dalam pidato Bupati Rezita, disampaikannya kepada 192 pejabat tersebut kalau pengambilan sumpah, janji jabatan pimpinan tinggi pratama administrator dan pengawas di lingkungan pemerintah Kabupaten Inhu, pejabat pemerintah harus mampu meningkatkan dalam meningkatkan pelayanan kepada rakyat.

“Saat ini kita dituntut bekerja cepat dan bekerja tepat serta mampu mengembangkan. Karena itu saya meminta kepada para pejabat pejabat pejabat yang dilantik, mampu mengoptimalkan potensi agar pejabat yang dilantik mampu mewujudkan sistem pemerintahan yang baik,” pesan Bupati Rezita.

Bupati Rezita juga mengingatkan kepada seluruh ASN yang dilantik, untuk mempedomani dan mematuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan dalam peraturan pemerintah. Seluruh ASN dapat terus meningkatkan kedisiplinan, kompetensi dan kapasitas diri, mewujudkan core value ASN berakhlak yang siap mewujudkan Inhu yang berdaya saing, maju dan sejahtera.

Dalam pelantikan 192 pejabat Inhu, pembicara Pembicara Wakil Bupati Inhu Drs H Junaidi Rachmat MSi, Sekda Inhu Hendrizal, Asisten I, II, III, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, unsur Forkopimda. ** BOI6