Rokan Hulu Jadi Percontohan Pabrik Minyak Goreng , Petani Sawit: Kami Siap Sukseskan

Kamis, 02 Juni 2022

ROHUL, Beritaone.id  - Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) terletak di wilayah paling sudut Propinsi Riau, dengan sebagian wilayahnya datar dan berbukitan, kontur tersebut menjadikan Kabupaten Rokan Hulu memiliki perkebunan kelapa sawit paling luas se Indonesia, dimana 2/3 dataran Rokan Hulu telah tertanam pohon sawit atau seluas 553.000 Ha,

Secara geografis Kabupaten Rokan Hulu juga berbatasan langsung dengan Propinsi Sumatera Barat dan Propinsi Sumatera Utara, serta memeiliki akses ke Pelabuhan Dumai.

Dengan fakta tersebut, Ketua Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) Rokan Hulu, Yusro Fadly menyambut baik langkah Pemerintah yang akan menjadikan Rokan Hulu sebagai Piloting (uji coba) pembangunan pabrik minyak goreng sawit,  dari tiga wilayah yang dipilih.

Tutur Yusro, pihaknya menilai rencana pemerintah tersebut sudah sangat tepat, lantaran belajar dari berbagai permasalahan yang terjadi beberapa bulan terakhir utamanya terkait kelangkaan dan mahalnya harga minyak goreng sawit di dalam negeri, mendorong semua pihak untuk duduk bersama, saling diskusi untuk mencari solusinya. “Kami sebagai petani sawit tentu sangat mendukung penuh rencana tersebut,” kata Yusro, Selassa (31/5/2022).

Rencana ini terwujud atas dukungan Presiden RI, Menteri Koperasi & UKM serta Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) dan FORTASBI yang menyepakati dua asosiasi petani sawit yang tergabung kedalam koperasi untuk mendirikan pabrik minyak goreng berbasis Koperasi Petani.
 
Menurut Fadly, Rohul yang 50% adalah petani sawit swadaya bakal terbantu dengan rencana pembangunan Pabrik Minyak Goreng tersebut, sebab selain potensi sumber bahan bakunya yang melimpah, iklim investasi di Rokan Hulu juga mendukung kelancaran rencana tersebut.

“Selain itu rencana pembangunan minyak goreng sawit di Rohul akan membuka lapangan pekerjaan baru bagi anak muda,” tandas Fadly.