PMII Inhu Lakukan Aksi di Kantor Bupati, Ini Tuntutannya

Kamis, 06 Juni 2024

Aksi PMII di Kantor Bupati Inhu

Pematangreba, BeritaOne.id - Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Indragiri Hulu (Inhu) melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Bupati Inhu (6/6/2024).

Aksi unjuk rasa yang di inisiator oleh PMII ini diikuti masa kurang lebih 20 orang mahasiswa yang tergabung dalam organisasi PMII cabang Inhu.

Aksi dimulai dari pukul 09:00 WIB sampai dengan pukul 10:30 WIB. Aksi berlangsung cukup tertib walaupun sempat terjadi aksi dorong-dorongan antar mahasiswa dan satpol PP yang mau menerobos masuk kantor Bupati.

Koordinator Lapangan (Koorlap) Yusra menyampaikan masa aksi meminta untuk di pertemukan langsung dengan Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi.

"Kami datang membawa aspirasi dan keresahan masyarakat. Kami minta kepada ibu bupati untuk menemui kami disini " ujar Yusra di depan masa aksi.

Pada saat yang bersamaan, Bupati Inhu tidak berada di kantor Bupati karena sudah di jadwalkan agenda di Batang Cenaku.

Sekretaris Daerah (Sekda) Hendrizal tampak hadir menemui masa aksi namun ditolak oleh Ketua PMII Romi Zelvindra karena mereka meminta dipertemukan dengan Bupati bukan di wakili oleh siapapun.

"Kami minta bupati yang hadir, tidak bisa diwakilkan oleh siapapun. Karena kami mau melihat tanggapan Bupati terkait permasalahan ini. Kalau hari ini Bupati tidak bisa menemui kami, maka kami akan adakan aksi jilid II dengan masa yang lebih banyak" tegas Romi.

Setelah disampaikan oleh Romi, masa aksi terus berlanjut berorasi sambil menunggu Bupati hadir. Namun dikarenakan agenda Bupati sudah terjadwal, jadi tidak bisa menemui masa aksi tersebut.

Ditambahkan Romi, Tuntutan akan dibacakan ada ataupun tidaknya Bupati menemui mereka.

Adapun isi tuntutannya, yaitu :

1. Meminta Bupati Melalui Dinas Perhubungan Untuk Menyetop Angkutan batubara Milik PT Era Perkasa Mining Peranap. Hal ini Di karena kan banyaknya Jalan Kabupaten yang rusak akibat aktivitas angkutan batubara PT Era Perkasa Mining Peranap dan juga sudah banyak memakan korban.

2. Meminta Bupati untuk mendesak PT Era Perkasa Mining Peranap agar melakukan perbaikan di setiap lintasan jalan se-kabupaten Inhu yang di lalui angkutan batubara miliknya tanpa Menggunakan APBD KABUPATEN INDRAGIRI HULU.

3. Kami mendesak Bupati inhu untuk transparan terkait adanya dugaan perbaikan jaan se-kabupaten Inhu yang di lalui angkutan batubara PT Era Perkasa Mining Peranap, karena kami menduga sejauh ini ada kontribusi Dari PT tersebut terhadap perawatan jalan jalan yang di lalui angkutan batubara milik PT Era Perkasa Mining Peranap tersebut.

4. Kami mengajak seluruh masyarakat Inhu untuk mendukung bupati berani bersikap terhadap perusahaan perusak jalan raya seperti PT Era Perkasa Mining Peranap di kabupaten Inhu untuk di tindak tegas dan kami berserta elemen masyarakat lainnya Juga akan menolak terhadap pemimpin Inhu yang di duga melakukan pembiaran terhadap aktivitas perusahaan perusak jalan di Inhu seperti PT Era Perkasa Mining Peranap.

5. Apabila tuntutan kami tidak di indahkan kami akan membawa masyarakat dan masa lebih banyak. Jika berani lanjutkan jika tidak berani ganti pemimpin. **BrOne-08