Sempat Viral Dibersihkan Pandawara Group dan Masyarakat, Pantai Terkotor di Indonesia Kembali Penuh Dengan Sampah

Selasa, 23 April 2024

Kondisi Pantai Teluk Labuan, Pandeglang, Banten Sekarang

BeritaOne.id - Kondisi pantai Teluk Labuan, Pandeglang, Banten memprihatinkan lagi. Pantai yang sempat viral di dunia maya karena dibersihkan oleh kelompok peduli lingkungan, Pandawa Group dan masyarakat itu kini kondisinya kembali memprihatinkan.

Diketahui keberadaan pantai Teluk Labuan pertama kali diungkap oleh Pandawa Group melalui video mereka di media sosial. Saat itu mereka prihatin dengan kondisi pantai yang dipenuhi dengan sampah.

Saking banyaknya sampah, pantai itu langsung disebut oleh netizen sebagai pantai terkotor di Indonesia. Kondisi itu yang membuat Pandawa Group dan masyarakat yang peduli membersihkan sampah yang ada di pantai Teluk Labuan pada Selasa 22 Mei 2023.

Pantai itu kemudian bersih lagi dan membuat warga sekitar bahagia. Sayangnya, setelah hampir setahun dari aksi positif itu, laporan seorang netizen pengguna media sosial X justru kini menginformasikan kondisi yang berbeda.

Dalam unggahannya ia menampilkan tiga foto dan satu video. Dari foto dan video itu terlihat sampah-sampah mulai menutupi bibir pantai Teluk Labuan. Bahkan sampah itu nyaris memenuhi seluruh area pantai.

Plastik-plastik terbawa ombak dan serpihan-serpihan pakaian menyebar di sepanjang garis pantai, sementara air laut terlihat keruh dan tercemar oleh sampah-sampah tersebut.

Kondisi itu memang tidak enak dipandang mata. Uniknya masyarakat sekitar justru terkesan membiarkan sampah-sampah itu menutupi area pantai.

Pemilik akun X @namdoyan menduga hal itu terjadi karena sampah tersebut tidak mengeluarkan bau seperti tumpukan sampah yang ada di wilayah lain.

"Mungkin itu juga faktor yg bikin akamsi ga ngebersihin sampahnya. Kayanya kalo bau pasti mereka juga terganggu," jelasnya.

Kondisi pantai itu langsung mendapat sorotan dari netizen. Ada yang mengkritik sikap masyarakat setempat yang membuang sampah sembarangan dan membuat pantai itu kotor lagi.

Sebagian lainnya justru memberi pendapat bahwa sampah tersebut bukan karena ulah masyarakat sekitar. Diduga sampah-sampah tersebut datang dari wilayah Kepulauan Seribu yang memang dekat dengan Pandeglang.

"Sampah pantai itu ternyata kiriman dari laut-nya, jadi bukan warga yang buang sampah di situ. Jadi walaupun itu pantai udh dibersihin secara berkala pun, tiap hujan pasti sampah bakal kebawa ke pantai itu lagi," analisa pemilik akun X @namakuai***.

Ini bisa jadi juga sampah yang berasal dari Pulau Seribu. karena penduduk di Pulau Seribu punya masalah pengolahan sampah. Pernah dengar juga cara dinas lingkungan hidup buang sampah dari Pulau Seribu itu dengan kirim sampah naik feri dari pulau kecil ke pulau besar," tulis pemilik akun X @JangjoIndone***. **BrOne-07