Desa Redang Raih Juara 1 di Tepian Sialang Lotung, Sampan Meriam Keramat Ghaje Bujang Naik Nama

Jumat, 19 April 2024

Indragiri Hulu, BeritaOne.id – Festival Pacu Jalur Tradisional yang menyuguhkan atraksi seni dan budaya di Kabupaten Indragiri Hulu ( Inhu ) , Riau, seperti di  Tepian Sialang Lotung Desa Pasir Sialang Jaya Kecamatan Lirik merupakan agenda tahunan menjadi momentum untuk meningkatkan parawisata dan perekonomian masyarakat,  khususnya pelaku UMKM Inhu.

Dalam festival pacu sampan tradisional rayon I ( Satu )  Tepian Sialang Lotung Desa Pasir Sialang Jaya Kecamatan Lirik,dihadiri Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi, staf ahli bupati, Asisten, Kepala OPD, Kapolsek Lirik, Kapolsek Rengat Barat, Camat Lirik, para staf Disporapar Inhu, Kepala Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh  Pemuda dan undangan lainnya.

Acara penutupan berlangsung, Ketua panitia festival pacu sampan tradisional, Rohkman Hidayat SE, Kamis (18/4/2024) sore mengatakan, festival pacu sampan tradisional rayon 1 ( satu )  di Tepian Sialang Lotung Desa Pasir Sialang  Kecamatan Lirik Kabupaten Inhu berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 16-18 April 2024.

Ada 51 sampan kocik dan 13 sampan godang dari berbagai Desa Kecamatan Inhu bertanding untuk merebut juara  dan piala bergilir baik itu sampan kocik dan jalur sampan godang tersebut.

Dalam babak final jalur sampan kocik bersaing ketat mulai dari pancang start hingga finish hingga sampan Ratu Siluman Ular sahabat Daniel Eka Perdana Ketua Karang Tarunan, Desa Redang  berhasil meraih juara I Festival Lomba Pacu Sampan Tradisional rayon 1 ( Satu ) dan berhasil menyingkir  pesaingnya yakni Sampan Ghantau Bertuah Sahabat Daniel Eka Perdana  Desa Redang  Kecamatan Rengat Barat Inhu, dan yang berada diperingkat ke III sampan Juragan Muda dari Desa Kuala Lala Kecamatan Sei Lala.

Sementara, babak final jalur sampan godang meraih juara satu dari  sampan  Meriam Keramat Ghaje Bujang IKKS Inhu Papa Royal Desa Redang, juara II sampan Untung Bertuah Anang Rias dari Desa Danau Baru dan kemudian  juara ke III Sampan Tuah Kalajengking Muda Indragiri CV Adelia Mobilindo dari Desa Danau Baru Kecamatan Rengat Barat Inhu.

Selama festival  pacu sampan tradisional rayon 1 ( satu )  di Tepian Sialang Lotung Desa Pasir Sialang Kecamatan Lirik Inhu yang diselenggarakan Pemerintah Inhu melalui Disporapar ini, wisatawan membludak diperkirakan sekitar 13 ribu pengunjung sehingga  menimbulkan peningkatan ekonomi masyarakat khususnya pelaku UMKM  Desa Pasir Sialang Jaya Kecamatan Lirik.

Kedepan, Ia berharap kepada pihak Pemerintah Inhu dan Pemerintah Provinsi untuk membangun turap penonton khususnya di Sialang Jaya guna keselamatan dan menarik wisatawan karena festival pacu sampan tradisional ini merupakan meningkatakan tradisional budaya melayu Indaragiri Hulu harapnya.

Kapolres Inhu AKBP Dody Wirawijaya, S.I.K melalui Kapolsek Lirik, Endang Kusman Jaya SH, MH mengatakan   pengamanan selama kegiatan festival pacu sampan tradisional rayon 1 ( Satu ) di Tepian  Sialang Lotung Desa Pasir Sialang Jaya Kecamatan Lirik berjumlah  20 personil dan  di bantu dari Satpol PP sebanyak 15 personil serta dari Babinsa 5 orang.

Terima kasih kepada seluruh masyarakat khususnya pengunjung,karena kegiatan event ini berjalan lancar dan aman, semuannya ini berkat dukungan dan sportifitas dari masyarakat terutama dititik parkir bisa diatur dan ditertipkan hingga antrian  panjang di jalan Kabupaten Tepian Sialang Lotung Desa Pasir Sialang Jaya Kecamatan Lirik Inhu mulai acara pembukaan dan penutupan event tersebut bisa diatasi ucapnya.

Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi diwakili Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Parawisata ( Disporapar), Atan SP menyampaikan, bahwa festival pacu jalur sampan kocil dan godang rayon I hingga III  merupakan agenda tahunan di Kabupaten Inhu, dan juga  masuk dalam kegiatan tingkat provinsi hingga tingkat nasional.

“Untuk kegiatan festival pacu sampan tardisional di rayon II  Kecamatan Rengat Inhu direncanakan pada bulan Juli nanti, dimana event event ini nantinya banyak wisatawan untuk dapat membangkitkan ekonomi masyarakat tempatan”.

“Karena event- event daerah Inhu ini juga  akan membuka peluang usaha untuk  menggeliatkan ekonomi  khususnya pelaku UMKM yang mendapatkan omset lebih tinggi, selain itu  juga ini akan memberi dampak langsung bagi masyarakat, ” katanya.

Festival pacu sampan tradisional Inhu akan terus ditingkatkan karena selama event ini baik di rayon I di Tepian  Sialang Lotung Desa Pasir Jaya Sialang Jaya Kecamatan Lirik terlihat ribuan pengunjung dari berbagai daerah Kabupaten Inhu, sehingga memberikan dampak positif bagi masyarakat. Hal tersebut terlihat dari kunjungan wisatawan yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Maka dari itu menurutnya, peningkatan ekonomi  terus meningkat terutama UMKM.

Selamat bagi tim berhasil meraih juara di rayon I ini dan yang belum meraih kemenangan diharapkan agar terus berlatih sehingga  event selanjutnya mampu bersaing dan menjadi juara di Festival Lomba Pacu Sampan Tradisional nanti.

“Selanjutnya, Ia juga  mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan agenda ini, baik kepada Polri, TNI, Satpol PP, KPBD, OPD, Sponsor, panitia, peserta lomba sampan dan masyarakat,”tutupnya. **BrOne-08