Berasal Dari Bahasa India, Ini Makna Indragiri Yang Terungkap Dalam Diskusi di JMSI Inhu

Rabu, 03 April 2024

Rengat, BeritaOne.id – Indragiri merupakan salah satu kerajaan tertua bercorak islam dan terbesar yang pernah ada di Indonesia, lamanya kerajaan indragiri berdaulat hingga hingga mencapai 25 raja di Kerajaan Indragiri. Bekas kerajaan Indragiri terpecah menjadi tiga bagian, yaitu Indragiri Hulu, Indragiri Hilir dan Kuantan Singingi di Provinsi Riau.

Nama Indragiri sudah sangat melekat di ingatan masyarakat Riau terkhususnya, bahkan sudah di kenal secara luas di Indonesia dan mancanegara. Hal ini sudah dibuktikan oleh ketua JMSI Riau ketika melakukan perjalanan ke Amerika, Eropa dan Asia dan didalam beberapa seminar yang di ikutinya di 22 negara yang ada di mancanegara, nama Indragiri dikenal sebagai kerajaan besar di nusantara.

"Saya selama menjadi wartawan sudah mengunjungi 22 negara, di Asia maupun Eropa bahkan sampai amerika. Ketika menyebut nama Indragiri ini, mereka sudah mengetahui apa itu Indragiri. Saya merasa bangga menjadi putera asli Indragiri, sebab kampung halaman saya ini rupanya sudah sangat populer di mancanegara," kata H Deni Kurnia dalam diskusi di JMSI Inhu dengan tema “Wajah Inhu Hari Ini, Besok dan Akan Datang”  yang di gelar pada (29/03/2024) kemarin dengan menghadirkan narasumber politisi Duo Dodi (Dodi Nefeldi dan Dodi Irawan) dan Marwan MR yang juga ketua LAMR Inhu versi Syahril Abu Bakar.

Seperti diketahui bersama, bahwasanya Indragiri Hulu baru saja merayakan hari jadi yang pertama di usia yang ke 68 tahun. Perayaan hari jadi yang pertama sudah dinantikan oleh masyarakat Indragiri Hulu. Penantian panjang puluhan tahun, baru terwujud di usia Indragiri Hulu yang ke 68 tahun.

Ditempat yang sama, sebelumnya ketua LAMR Indragiri hulu Datuk Seri Marwan MR menjelaskan, terkait perayaan hari jadi Indragiri, tentunya menjadi titik balik bagi masyarakat Indragiri Hulu, 68 tahun lamanya penantian hari jadi dan setelah dirayakan bagaimana wajahnya hari ini dan yang akan datang. 
"Alhamdulillah, 68 tahun usia Indragiri hari ini. Penantian panjang yang akhirnya berbuah hasil, saya sangat bangga melihat kita sudah memiliki identitas yang jelas. Wajah Indragiri ini sebenarnya tergantung para pemimpinnya, mau di bawak dan dibuat seperti apanya ya tergantung pemimpinnya,” kata Datuk Seri Marwan MR

Disampaiknya juga, Jika pemimpin Indragiri Hulu mau membawa ke arah yang baik, maka baiklah wajah Indragiri, begitu juga sebaliknya sampai kemasa yang akan datang. “Kepedulian semua pihak dan komunikasi pembiayaan pembangunan di inhu baik sumber dana dari pusat, provinsi dan inhu bisa satu suara sehingga,” tutupnya. **BrOne-08