Lima Hari Belum Padam, Karhutla Pelalawan Meluas Hingga 50 Ha

Rabu, 20 Maret 2024

Kebakaran lahan terjadi di Desa Gambut Mutiara, Kecamatan Teluk Meranti.

Pelalawan, BeritaOne.id - Sebanyak 50 hektare lahan gambut di Pelalawan, Riau terbakar. Bahkan, kebakaran lahan sudah 5 hari belum dapat dipadamkan karena akses yang sulit.
Informasi diterima BeritaOne kebakaran lahan terjadi di Desa Gambut Mutiara, Kecamatan Teluk Meranti. Lahan gambut tersebut mulai terbakar pada Sabtu (16/3).

"Iya (terbakar sejak Sabtu) sampai hari ini belum (padam). Lahan bertambah sekitar 50 hektare dalam beberapa hari ini," ucap Kepala Pelaksana BPBD Riau Edy Afrizal, Rabu (20/3/2024).

Edy mengaku tim masih lanjut melakukan pemadaman. Bahkan, tim sulit melakukan pemadaman karena akses sulit.

"Informasi dari kawan-kawan di lapangan ke lokasi sulit karena tergantung pasang surut air. Jadi akses memang sulit untuk bisa sampai karena ini juga lahan gambut," katanya.

Proses pemadaman sendiri dilakukan tim darat mulai dari BPBD, TNI hingga Polri di Pelalawan. Tim terus berjibaku melakukan pemadaman sejak lahan mulai terbakar.

Dalam catatan BPBD Riau, hingga saat ini setidaknya ada hampir 200 hektare lahan terbakar di Riau. Lahan terbakar tersebar di seluruh 12 kabupaten dan kota di Riau.

Diketahui Pj Gubernur Riau SF Hariyanto sendiri telah menetapkan Riau berstatus Siaga Darurat Karhutla. Penetapan status dilakukan sejak 13 Maret lalu hingga 30 November.

Status Siaga Darurat ditetapkan lebih awal karena banyak lahan di daerah pesisir Riau telah terbakar. Sehingga perlu dilakukan pencegahan dini. **brOne-06