Kanal

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Riau Gelar Forum Perangkat Daerah

Pekanbaru, BeritaOne.id - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Riau menggelar forum perangkat daerah tahun 2025. Kegiatan ini dibuka oleh Dispersip Riau Gelar Forum Perangkat Daerah, Ini Tujuannya diselenggarakan di Ruang Bedah Buku Perpustakaan Soeman HS, Jumat (16/2/2024).

Adapun tujuan diselenggarakannya forum perangkat daerah atau lintas perangkat daerah ini, yakni pertama, menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah dengan usulan program dan kegiatan untuk rencana kerja (Renja) perangkat daerah. Kedua, mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan perangkat daerah sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah.

Ketiga, menyelaraskan program dan kegiatan antar perangkat daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah. Keempat, menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing perangkat daerah.

Dalam sambutannya, Elly Wardani mengatakan forum perangkat daerah merupakan wadah penampungan dan penjaringan aspirasi masyarakat, dunia usaha, atau pemangku kepentingan, untuk menyempurnakan rancangan kebijakan penyusunan Renja perangkat daerah.

"Semoga forum perangkat daerah ini berjalan dengan sukses dan lancar," harap Elly.

Seperti diketahui, Renja perangkat daerah hasil forum perangkat daerah menjadi bahan pemutakhiran rancangan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) untuk selanjutnya dibahas di dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir melaporkan bahwa forum perangkat daerah tersebut diikuti oleh Dispersip kabupaten/kote se Provinsi Riau.

"Forum perangkat daerah merupakan sinkronisasi pelaksanaan urusan pemerintah daerah untuk merumuskan program dan kegiatan tahun 2025 sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah, dan membahas rencana awal kerja perangkat daerah tahun 2025 bersama perangkat daerah dari kabupaten kota se Provinsi Riau," jelas Mimi.

Dalam rangka penyusunan dokumen rencana kerja perangkat daerah tahun 2025, Mimi menyebutkan bahwa, forum perangkat daerah dilaksanakan guna penyelarasan prioritas usulan program pembangunan tahun 2025, sebelum melangkah pada tahapan Musyawarah Perencanaan Pembangunan RKPD Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau tahun 2025.  **B-One03

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER