Kanal

Pemerintah Akan Angkat Guru Nonsarjana Jadi ASN

Jakarta, BeritaOne.id - Pemerintah akan mengangkat guru nonsarjana di daerah menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), yakni Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, pemerintah tengah menyusun aturan tentang kebijakan tersebut.

Azwar menuturkan, masih banyak desa-desa terpencil yang hanya memiliki guru dengan latar belakang pendidikan nonsarjana. Guru-guru tersebut sudah mengabdi belasan tahun, namun pengangkatan menjadi ASN terhambat aturan.

"Mereka (guru non-sarjana) tidak bisa diangkat (menjadi) PPPK. Nah nanti kita akan terbitkan Permenpan baru karena pengabdian mereka yang cukup lama," kata Azwar usai acara ASN Culture 2023 di Jakarta, Kamis (14/12/2023).

Azwar mengatakan, Kemenpan-RB akan menyampaikan lebih lanjut terkait total jumlah guru nonsarjana yang akan diangkat sebagai ASN usai mendapat arahan dari presiden.

"Nanti Permenpan baru akan kita terbitkan untuk pengangkatan mereka yang sudah lama mengabdi di desa-desa," ujarnya.

Lanjut Azwar, konsep pemberian afirmasi PPPK kepada guru di desa sudah diterapkan di Papua.

Dituturkannya, bila pemerintah menunggu guru lulusan sarjana, tidak akan ada guru di desa-desa di Papua.

"Di Papua itu kalau menunggu (Guru) sarjana tidak akan ada di desa-desa guru-guru, termasuk juga di SD-SD, SMP. (Jadi) kita beri afirmasi khusus di Papua," ucap dia.

Pemerintah terus berupaya menuntaskan permasalahan kejelasan status dan kesejahteraan guru honorer sejak 2019. Untuk itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meningkatkan pencapaian salah satu program prioritas, yakni seleksi guru aparatur sipil negara pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (ASN PPPK) yang dilaksanakan sejak 2021.

Direktur Jenderal (Dirjen) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek Nunuk Suryani mengatakan, pemerintah tengah berupaya agar seluruh rombongan belajar dan mata pelajaran di sekolah negeri diampu guru ASN.

“Target rekrutmen guru ASN PPPK sejak 2020 adalah 1 juta guru, dan diharapkan hingga 2024 nanti, 1 juta guru honorer itu dapat terangkat (menjadi ASN) semua,” ujarnya, pada Kamis (9/11/2023).

Dia mengatakan itu dalam webinar Silaturahmi Merdeka Belajar (SMB) berjudul “Praktik Baik Pengangkatan Guru Honorer menjadi ASN PPPK". **B-One03

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER