Kanal

Heboh, Tiga Titik Jalinsel di Inhu Sengaja Diserakkan Pupuk Urea dan Garam

Inhu, BeritaOne.id - Masyarakat di Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri hulu (Inhu)-Riau, dihebohkan dengan penemuan pupuk jenis urea dan garam di tiga titik Jalan lintas selatan (Jalinsel) penghubung beberapa desa di Kecamatan Batang Cenaku Senin (13/2/2023). Kondisi tiga titik jalan tersebut tidak kunjung keras, meski sudah berulang dilakukan penimbunan batu dan tanah pengerasan.

Tiga titik lokasi jalan rusak di Jalinsel Batang Cenaku tersebut, ternyata sudah menjadi perbincangan masyarakat setempat kalau selalu ditemukan garam dan pupuk urea sengaja di serahkan oleh oknum masyarakat, tujuan pupuk urea dan garam diserahkan dijalan tersebut masih menjadi tanda tanya besar.

Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Kabupaten Inhu, Emi Rosadi SP menjelaskan, pupuk urea dan garam normalnya untuk menyuburkan tanaman, tanah yang dikasih pupuk urea dan garam akan menjadi gembur dan tidak terjadi pengkristalan terhadap tanah.

"Semen beton atau aspal saja akan hancur jika dikasih pupuk urea atau garam, apa tak lagi jalan tanah. Jalan yang dikasih pupuk urea dan garam saya pastikan tidak akan bisa jadi padat," ujar ketua APKASINDO Inhu Emi Rosadi kepada wartawan ketika dimintai tanggapannya terkait adanya penemuan pupuk urea dan garam di sejumlah titik Jalinsel.

APKASINDO mengutuk keras aksi penyerakan pupuk urea dan garam di Jalinsel, dan Emi sempat berseloroh kepada pihak yang sengaja menyerakkan urea dan garam di Jalinsel, dia berpesan kelebihan urea dan garam jangan diserahkan dijalan, jika masih ada urea dan garam silahkan serahkan dikebun sawitnya untuk meningkatkan produksi Tanda Buah Segar (TBS) kelapa sawitnya.

"Masyarakat yang melakukan tangkap tangan penyerakan pupuk urea dan garam di Jalinsel, diharapkan segera melaporkan kepada polisi agar dilakukan proses hukum," pinta Emi Rosadi.

Sebagaimana diketahui, kerusakan Jalinsel di Desa Aur Cina dan Puntianai Kecamatan Batang Cenaku tersebut, kerap dilakukan perbaikannya oleh perusahaan kelapa sawit PT Karisma Agro Sejahtera (PT KAS), sejumlah material batu dan tanah timbun di lokasi jalan tersebut dan melakukan pengerasan, tetapi jika sehari saja hujan lokasi tersebut kembali hancur.

"Saya sering dengar, ada pupuk urea dan garam sengaja diserahkan di beberapa titik Jalinsel, tetapi saya tak tau apa alasan pupuk dan garam diserahkan di jalan itu," ujar warga setempat yang namanya enggan disebutkan itu.

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER