Kanal

40 Ibu Hamil di Dumai Terhindar Gizi buruk

DUMAI, Beritaone.id - Dalam mengurangi stunting atau gangguan perkembangan disebabkan gizi buruk, terserang infeksi berulang, maupun stimulasi psikososial tidak memadai pada anak, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Dumai dan sebuah perusahaan yang memproses minyak kelapa sawit berkelanjutan bekerjasama salam penyuluhan gizi seimbang untuk ibu hamil.

Kadis DPPKB Dumai Elywarti mengatakan bahwa pada tiga bulan pertama dalam masa kehamilan adalah masa sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin.

Masa 3 bulan kehamilan dibutuhkan makanan atau asupan gizi yang seimbang dan lengkap baik karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral ditambah air dan serat bagi ibu hamil dan porsi makannya, dengan porsi sedikit dan sering.

"Ibu hamil harus memperhatikan susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan sesuai kebutuhan tubuh dengan memperhatikan keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih dan menjaga berat badan," kata Elywarti, Jumat (23/12).

Elywarti juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada PT Sari Dumai Sejati (Apical Group) yang sudah memfasilitasi kegiatan penyuluhan ini dan berharap agar dapat berlanjut dan dilaksanakan secara reguler.

“Terima kasih kepada Apical yang sudah bekerja sama dan memfasilitasi kegiatan ini, semoga kegiatan ini berlanjut dan dilaksanakan secara berkelanjutan," sebut Elywarti.

Dijelaskan, kegiatan penyuluhan ini diikuti sekitar empat puluh orang ibu hamil dari Kelurahan Lubuk Gaung Kecamatan Sungai Sembilan dengan sebagian besar sudah pernah berkoordinasi dengan tim penyuluh/ pendamping keluarga binaan Dinas DPPKB Kota Dumai 

Dalam penyuluhan ini Apical Dumai membagikan susu dan biskuit kepada ibu hamil yang hadir. Disertai ilmu dibagikan oleh pemateri para ibu hamil tahu mengatur asupan gizi yang sesuai dan proporsional.

Sementara, Sekretaris Camat Sungai Sembilan Muhtadi sangat mendukung kegiatan pencegahan stunting ini dan menyampaikan kepada Ibu hamil agar secara berkala memeriksa kandungan di fasilitas kesehatan terdekat dan selalu menjaga gizi seimbang.

“Kegiatan ini sangat bagus untuk mengurangi stunting pada anak, untuk itu diharapkan ibu hamil selalu memeriksakan kandungan dan selalu menjaga gizi tetap seimbang,” ujar Muhtadi.

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER