Kanal

10 Fakta Menarik Jelang Laga Argentina vs Kanada di Semifinal Copa America 2024 Rabu Pagi

BeritaOne.id - Laga Argentina vs Kanada akan tersaji dalam laga semifinal Copa America 2024. Pertandingan ini akan digelar di MetLife Stadium, New Jersey, Amerika Serikat, pada Rabu, 10 Juli 2024, mulai pukul 07.00 WIB.

Argentina dan Kanada akan bertemu untuk kali kedua di Copa America, yang semuanya terjadi pada gelaran ke-48 di Amerika Serikat ini. Pada pertemuan pertama di Grup A, Argentina menang dengan skor 2-0. 

Argentina sebagai juara bertahan Copa America melaju ke semifinal usai mengalahkan Ekuador lewat adu penalti, 4-2, setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal.  Kanada juga harus melalui adu penalti untuk menyingkirkan Venezuela di delapan besar dengan skor 4-3, juga usai seri 1-1 di waktu normal.

Berikut fakta menarik Argentina vs Kanada: 

1. Kanada bisa menjadi tim kedua dari Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara dan Tengah (CONCACAF) yang melaju ke final Copa America, setelah Meksiko pada 1993 dan 2001, jika mampu mengalahkan Argentina pada Selasa malam nanti.

2. Laga ini akan menjadi kali kelima beruntun Argentina ke semifinal Copa America. La Albiceleste juga berhasil melewati semifinal ini lima kali dari delapan gelaran sebelum 2014. Argentina gagal ke semifinal pada 2001 dan 2011, serta kalah dari Brasil (0-2) pada tahun semifinal di gelaran 2019.

3. Kemenangan di semifinal akan menandai pertama kalinya Argentina mencapai final Copa America sebagai juara bertahan sejak 1959, ketika dua edisi turnamen diadakan di tahun yang sama, dan tim Argentina itu finis sebagai runner-up pada putaran kedua.

4. Skuad pelatih Lionel Scaloni hanya kemasukan sekali sejauh ini Copa America 2024 namun tidak mampu membuat sebuah clean sheet pun di semifinal ajang ini sejak terakhir melakukannya pada 2016 saat melumat AS 4-0.

5. Argentina tak pernah kalah di waktu normal turnamen di tanah AS sejak disingkirkan Rumania 2-3 di 16 besar Piala Dunia 1994.

6. La Albiceleste bisa memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka menjadi 10 di semua kompetisi, dengan hanya kemasukan tiga (semua tidak termasuk adu penalti).

7. Kanada menjadi tim CONCACAF ketiga yang mampu lolos ke semifinal pada debutnya di turnamen ini, setelah Honduras dan Meksiko. Tim ini juga menjadi yang pertama ke empat besar sejak AS terakhir melakukannya pada 2016.

8. Ini kali kelima Kanada menembus semifinal turnamen level kontinental di abad ini, namun hanya dua kali mampu melaju ke final, yakni Nations League 2023 usai menang 2-0 atas Panama, dan Gold Cup 2000 usai menang 1-0 atas Trinidad dan Tobago.

9. Les Rouges telah menunjukkan stabilitas pertahanan yang lebih baik sejak dikalahkan oleh Belanda dalam pertandingan persahabatan pra-turnamen (0-4). Kanada hanya kebobolan tiga dalam lima pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi.

10. Meskipun kalah dalam kedua pertemuan sebelumnya dengan Argentina, 0-7 di persahabatan dan 0-2 pada pertandingan pembuka Copa America 2024, hanya itulah Canucks – julukan Timnas Kanada lainnya – kalah dari tim CONMEBOL di turnamen kontinental pada abad ini.**BrOne-05

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER