Kanal

Agenda Rutin, Buka Puasa LAMR Pasirpenyu Dengan Pemprov Riau di Airmolek

Inhu, BeritaOne.id  – Untuk kedua kalinya dalam dua tahun terakhir Lembaga Adat Melayu Riau _ Pasirpenyu  (LAMR) Pasirpenyu melaksanakan kegiatan buka puasa bersama dan Silaturrahmi masyarakat dengan Pemprov Riau di Gedung Balai Adat Kawasan Pasir Penyu. Format acara dikemas dengan menyisip pada agenda Safari Ramadhan Pemprov Riau di bulan Ramadhan 1445 H tahun 2024.

Pada tahun 2023 lalu, buka bersama LAMR Pasipenyu  dihadiri oleh Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi dan Ketua DPRD Provinsi Riau Yulisman, diagenda buka puasa bersama Pemrov Riau dengan LAMR Pasirpenyu tahun kedua,  Selasa (2 April 2024) di gedung Balai Adat Airmolek Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Inhu,.

Tampak dihadiri dalam kegiatan tersebut Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR Privinsi Riau Datok Seri HR Marjohan Yusuf, Asisten 1 Kesra Sekda Provinsi Riau, H Zulkipli Syukur didampingi Asisten 3 Hj Ely Wardani, Kadis Sosial H Zulfadli, Kadisnakertrans H Boby Rachmat S STP MSi dan H Jamaludin Mag dan Ketua BAZNAS Riau.

Selain rombongan dari Pemprov Riau, dari Inhu diantaranya Ketua DPH LAMR Inhu, Datok Seri Ali Fahmi, Ketua BAZNAS Inhu Dr H Seri Guntur, Ketua FKUB Inhu H Abdul Kadir MAg, Anggota DPRD Inhu dan DPRD terpilih Riau, Daniel Eka Perdana SH, Ketua MKA LAMR Inhu Encik Aljunaidi dan Ketua DPH, Sekretaris DPH LAM Pasir Penyu, Datok H Agustiar Akhalik SP dan Datok H Zulfardi S PDi, Datok Isroihan Iskandar.

Dalam kesempatan itu juga, Kapolsek Pasir Penyu, diwakili Kanit Bimas Iptu Tony, Danramil 04 Pasir Penyu diwakili Serda Purba, Ketua IKM, Datok Yusma Jhoni, Ketua DPK MPI Inhu, Muhammad Ali Fauzi SH, Ketua Pimpinan Cabang Muhamadiyah Inhu H Yohanis Indra, Penasehat GP Anshor Inhu Tulus Subagja, sejumlah Kades dan Lurah SE Kecamatan Pasir Penyu, Ketua NU Kecamatan Pasir Penyu Tengku Marzawan, Tokoh masyarakat, Tokoh adat, Ketua ormas, OKP dan Ibu ibu Kelompok Dzikir Balai adat serta masyarakat setempat.

Dalam Sambutan, Ketua MKA LAMR Riau, Datok Seri HR Marjohan Yusuf menyampaikan kehadiran tim safari ramadhan Pemrov Riau di gedung balai adat Airmolek sekaligus menyapa warga yang begitu antusias mengikuti kegiatan silaturahmi dan buka puasa bersama di gedung LAMR Pasir Penyu.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Rombongan Safari Ramadhan Provinsi Riau yang bisa meluangkan waktunya hadir bersama sama LAMR Pasir Penyu, khususnya warga Airmolek yang sudah sangat antusias menyambut kedatangan jajaran rombongan safari Pemprov Riau sehingga bisa bersilaturahmi dan berbuka puasa bersama,” ucap Marjohan.

Marjohan juga memberikan apresiasi kepada tim safari ramadhan Provinsi Riau dan LAMR Pasir Penyu, karena di LAMR Kecamatan se-Provinsi Riau, hanya LAMR Pasir Penyu yang rutin sekali seminggu sudah berjalan lebih kurang 1 tahun mengelar Majelis Ilmu Dzikir, kami LAMR Riau juga sudah rutin sekali sebulan mengelar Dzikir Akbar di Sekretariat LAMR Riau.

Lanjut Marjohan dengan rutinnya digelar Majelis Ilmu Dzikir di daerah ini bisa mengurangi kegiatan negatif dan pelanggaran hukum seperti penyalahgunaan narkoba dan pelanggaran hukum lainnya di daerah ini.

“Safari Ramadhan ini tidak hanya sekedar seremonial semata, tetapi untuk kita dapat bertemu bersama dalam bagaimana berbuat baik kedepannya, untuk meningkatkan kesatuan dan persatuan antara etnis, suku serta umat beragama di Kabupaten Indragiri Hulu khususnya di Kecamatan Pasir Penyu,” Ujar Mantan Sekda Kab Inhu itu.

Penjabat Gubernur Riau, SF Harianto diwakilkan Asisten 1 Kesra Setda Provinsi Riau, H Zulkipli Syukur dalam sambutannya memaparkan, Pemerintahan Provinsi Riau memberikan apresiasi kepada LAMR Pasir Penyu, yang sudah menerima kehadiran tim safari ramadhan ke Airmolek. “Semoga bulan puasa ini semakin menambahkan keimanan kita dalam berbuat baik dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya.

Ke depannya dirinya berharap agar Gedung Balai Adat yang megah ini mari bersama sama kita menjaganya karena gedung tersebut sudah menjadi aset untuk berkumpul menyelesaikan masalah sosial di daerah ini. Dirinya juga berpesan kepada Pengurus LAMR Pasir Penyu khususnya masyarakat Airmolek agar selalu menjaga persatuan dan kesatuan, dengan tidak mudah percaya terhadap isu yang bisa merusak persatuan ataupun informasi palsu, tinggalkan pilihan politik yang sudah berakhir.

“Mari kita bersama-sama menciptakan suasana yang aman, tentram dan damai. Kita jaga selalu ukhuwah islamiyah selama bulan suci ramadan ini dan bulan-bulan selanjutnya,” imbuhnya.

Diakhir buka bersama Rombongan Tim Safari Ramadhan Provinsi Riau meninggalkan Gedung Balai Adat menuju Mesjid Taqwa Kelurahan Airmolek Satu Tanah Tinggi untuk melaksanakan Sholat Isa, Tarawih berjamaah.  **BrOne-06

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER